Select Page

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh pemerintah (Ristekdikti) dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

PKM-2015

Melalui program ini, mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kreativitas mereka kepada masyarakat luas. Pada Tahun 2015, lebih dari 70 judul PKM yang diajukan oleh mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Informatika , 19 diantaranya telah berhasil lolos untuk didanai, dan siap mendaki tangga PIMNAS. Berikut judul PKM dari mahasiswa/i Departemen neburusan Teknik Elektro yang lolos untuk didanai:

NONAMA KETUAJUDULSKIMDOSEN PEMBIMBING
1Priyo Budi LuthfiyantoMABA KRIBOE MUDA Manisan Bamboe Kripik Bamboe Muda sebagai Alternatif Makanan Ringan yang Murah, Enak, Sehat, dan MerakyatPKM-KDyah Lestari, S.T., M.Eng.
2Nurani LathifahPembelajaran Perilaku Peduli Kebersihan Lingkungan pada Anak Usia Dini Memanfaatkan Media Maze RobotrashPKM-KCDr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.
3PurnianingsihRumah Produksi Video Pembelajaran, Solusi Cerdas, dan Praktis Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Pendidik Masa KiniPKM-KDidik Dwi Prasetya, S.T., M.T.
4Rachmantyo AndikaBrandel (Branding On Delivery) Jasa Branding Dengan Layanan Siap, Pesan, dan Antar serta Sistem Kredit dan Diskon Bagi Usaha KecilPKM-KAji Prasetya Wibawa, S.T., M.M.T., Ph.d.
5Ristania Fitri Wulandari"ANDARO" Adaptable Dancing Robot dengan Teknologi Sensor Musik sebagai Media Menjaga Kelestarian Budaya Seni Tari IndonesiaPKM-KCDr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.
6Helen Kurniawati"SIAKANG" Sistem Informasi Angkutan Kota MalangPKM-KCAgusta Rahmat Taufani, S.T., M.T.
7Fajerin BiabdillahOHSIANDRO (Occupational Health And Safety In Android System Application)PKM-KCYuni Rahmawati, S.T., M.T.
8Muchamad Mirza"WALL-I Web Application"
Pengaturan Akses Situs Berbasis Aplikasi Web Menggunakan Metode Mapping Guna Menciptakan Akses Internet Aman di Rumah
PKM-KCAgusta Rahmat Taufani, S.T., M.T.
9Iqbal FirmansyahTOEFL Zone Aplikasi Bimbingan Belajar TOEFL Berbasis Android sebagai Solusi Inovatif untuk Mengatasi Mahalnya Biaya Bimbingan Belajar TOEFL di IndonesiaPKM-KCTriyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T.
10Mikael Abimanyu Putra PamungkasHydroelectrics Free Energy untuk Pengelolaan Kolam Ikan MandiriPKM-KCArif Nur Afandi, S.T., M.T., Ph.D.
11Febyan Dimas PramantaGALANG (Gamelan Layang) Aplikasi Berbasis Teknologi Realsense Sebagai Solusi Kreatif Media Pembelajaran Alat Musik DaerahPKM-KCM. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.
12Abdian Putra PrimanaPrototipe UV-Rack Sebagai Inovasi Rak Sepatu Pembunuh Bakteri Penyebab Bau yang Praktis dan Ramah LingkunganPKM-KCDyah Lestari, S.T., M.Eng.
13Lazuardi Widya SusiloKETAPEL (Konveyor Penyortir Apel) Berbasis Sensor WarnaPKM-KCDrs. Slamet Wibawanto, M.T.
14Muhammad Bagus ArifinGadget Pelangi (Gadget Pengenalan Warna Gerakan Imajinasi) Membantu Kemandirian Penyandang Tuna NetraPKM-KCAgusta Rahmat Taufani, S.T., M.T.
15Yuan Octavia Dwiki PutriPemanfaatan MACO (Magnet dan Coil) sebagai Energi Kemana SajaPKM-KCDyah Lestari, S.T., M.Eng.
16Adhi Bagus pribadiOptimalisasi Proses Produksi Energi Listrik menggunakan Intelligent Mobile Photovoltaic berbasis Arduino MegaPKM-PEDr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.
17Muhammad Fikri Abdul JalilStudi Eksperimental untuk Mengetahui Efek Variasi Bahan Elektroda serta Variasi Jarak Antar Elektroda terhadap Kelistrikan yang dihasilkan oleh Tumbuhan HidupPKM-PEDr. Muladi, S.T., M.T.
18PurnomoKERIS "Kedai Robotic Ice Cream dan Snack", Kedai Home Made & Organik Ice Cream & Snack Berkonsep Permainan Robotic, Memanfaatkan Stik Es Krim sebagai Media Permainan RoboticPKM-KAhmad Fahmi, S.T., M.T.
19Erma WidayantiA2 (Alphabet Animal) for Sign Language Android Learning Playing Card-Based System in Augmented RealityPKM-KCDrs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

Segenap civitas akademik dan seluruh mahasiswa/i DepartemenTeknik Elektro mengucapkan “SELAMAT DAN SUKSES” kepada teman-teman yang telah mengusulkan PKM Tahun 2015 dan didanai Tahun 2016, serta kepada para dosen pembimbing yang berhasil menghantarkan para mahasiswa menuju langkah selanjutnya. Terus berkarya dan tetap semangat!