Select Page

Departemen Teknik Elektro dan Informatika  kembali berkesempatan mendapat kunjungan untuk visitasi akreditasi prodi (Program Studi) D3 Elektronika. Visitasi Akreditasi dilakukan untuk memenuhi tujuan (1) Memperoleh gambaran kinerja lembaga pendidikan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu. (2) Menentukan tingkat kelayakan suatu lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan manfaat dari visitasi akreditasi untuk prodi D3 Elektronika adalah (1) Sebagai acuan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah. (2) Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja lembaga pendidikan.

postit

Departemen Teknik Elektro  dan Informatika UM

Proses visitasi akreditasi berlangsung selama 4 hari yang dimulai pada 2 sampai 4 September 2016 melibatkan banyak pihak intern dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika  hingga Fakultas Teknik. Mulai dari Bagian Administrasi Departemen Teknik Elektro dan Informatika , Dosen, hingga Wakil Dekan III dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik. Sedangkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sendiri berasal dari 2 Perguruan Tinggi (PT) yaitu Dr. Suharyanto dari Universitas Gajah Mada dan Hasan Surya M.T dari Politeknik Negeri Bandung.

Post 1Banner Selamat Datang

Tepat pukul 08.15 WIB, Sabtu, 3 September 2016 Tim Asesor datang dan langsung menuju Ruang Rapat yang berada pada Gedung Pusat Fakultas Teknik, Gedung H5. Pada Ruang Rapat tersebut berlangsung penyambutan Tim Asesor oleh Departemen Teknik Elektro dan Informatika  dan Fakultas teknik. Pembukaan pada ruang rapat memakan waktu kurang lebih 20 menit untuk kemudian tim asesor di arahkan langsung menuju Ruang 105 di Gedung G4. Pada Ruang 105, Tim Asesor kemudian terbagi menjadi 2, yaitu Dr. Suharyanto tetap berada di Ruang 105 sedangkan Hasan Surya M.T berkeliling menuju Lab-Lab yang ada di Gedung G4. Tim Asesor juga menyempatkan melihat komputer pusat informasi sebelum memasuki Ruang 105.

Post 2

Bapak Hasan (Tim Asesor) ditemani Bapak Hary (Wakil Dekan II) dan Bapak Aji (Dosen TE UM) menuju Gedung G4

Post 3Bapak Suharyanto (Tim Asesor) ditemani Bapak Hakkun (Ketua Departemen Teknik Elektro dan Informatika  UM) menuju Gedung G4

Di dalam Ruang 105, terjadi diskusi pembuktian mengenai visitasi akreditasi diantaranya adalah mengenai borang, beberapa dokumen pendukung borang akreditasi dan 7 standar akreditasi. Tujuh standar akreditasi tersebut adalah: (1) Visi, Misi, Tujuan dan sasaran, serta pencapaian.(2) Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan peminjaman mutu. (3) Mahasiswa dan Lulusan. (4) Sumber Daya Manusia. (5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik. (6) Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta sistem informasi. (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama. Diskusi ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Borang Akreditasi yaitu Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T. dan Tim Asesor Dr. Suharyanto. Waktu berjalan cukup lambat saat diskusi dikarenakan banyaknya hal yang dibuktikan agar hasil akreditasi valid dan bagus.

Post 4

Suasana Gedung G4 Ruang 105 sebagai tempat akreditasi borang dan sata standarisasi.

Post 5Tim Asesor memberikan sambutan.

DSCF7712Bapak Hakkun memberikan sambutan.

Sementara itu, Bapak Hasan mulai memeriksa beberapa laboraturium ditemani oleh Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom., dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik yaitu Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. . Kali pertama yang beruntung adalah Laboraturium Mikroprosesor kemudian disusul dengan Laboraturium Sistem Kendali, dilanjutkan dengan Laboraturium PKDSE, kemudian Laboraturium Digital, Laboraturium Instalasi, dan yang terakhir menuju Ruang Workshop Elektro. Di Ruang Workshop Elektro, Bu Siti (Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.) menjelaskan bahwa ruangan ini baru saja dipakai untuk instalasi panel surya oleh D3 Elektronika sehingga ruangan tersebut tidak tertata rapi. Namun, hal itu justru membuat Bapak Hasan tertarik memerikasa panel surya instalasi dari D3 Elektronika di Lantai 3 Gedung G4.

Post 16

Post 11

Post 10

Post 9

Post 8

Post 6

Post 17

Post

Bapak Hasan Mengunjungi Lab-lab untuk melihat sarana dan prasarana.

Post 12

Post 14

Post 15

Bapak Hasan Melihat Panel Surya hasil instalasi D3 Elektronika

Mahasiswa D3 Elektronika dari segala angkatan dan beberapa Alumni D3 Elektronika pun dihadirkan untuk melengkapi akreditasi yang ke-2 D3 Elektronika. Mereka mendapat giliran untuk ikut andil dalam akreditasi. Lagi-lagi Bapak Hasan lah yang mewawancari beberapa masahasiswa, mulai dari angkatan 2016, angkatan 2015, angkatan 2014, dan angkatan 2013 yang sedang mengerjakan proyek akhir. Pertanyaan Bapak Hasan beragam. Mulai dari hubungan Mahasiswa ke Dosen PA (Pendamping Akademik) hingga Masalah ‘percintaan’ yang mungkin saja berpengaruh ke dalam study Mahasiswa. Alumni pun menjadi sasaran wawancara dari Bapak Hassan. Pertanyaan seperti “bekerja dimana?”, “hubungan ikatan alumni dan mahasiswa”, “hubungan ikatan alumni dengan dosen”, “hubungan ikatan alumni dan alumni lain” sudah seperti menjadi pertanyaan wajib untuk 5 Alumni D3 Elektronika dari 20 lebih Alumni yang hadir.

Post 18

Post 19

Suasana saat Bapak Hasan mewawancara mahasiswa dan alumni D3 Elektronika

Melihat lagi di dalam Ruang 105, proses pembuktian beberapa borang dan pembahasan data standar belum juga usai. Diskusi itu masih berlanjut hingga pukul 15.00 WIB. Diskusi dibagi menjadi 3 sesi, yaitu Cek 7 Data standar (09.00), Revisi (13.30), Penutup (15.00). Hingga pada akhirnya diskusi telah selesai, ditandai dengan penyerahan beberapa berkas hasil diskusi dari pihak Departemen Teknik Elektro dan Informatika  kepada Tim Asesor.

IMG20160903155534

IMG20160903161803

IMG20160903161822Penyerahan berkas dari Departemen teknik elektro dan Informatika  kepada tim asesor.

Berikut adalah pesan dari Bapak Hariyanto mengenai Program Studi (Prodi) D3 Elektronika agar bisa lebih maksimal. “Peningkatan dalam publikasi dan karya kreatifitas mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional untuk lebih ditingkatkan lagi. Hal tersebut bisa diraih dengan melalui seminar dan lain sebagainya supaya Prodi bisa unggul dan menjadi rujukan.”

Usai sudah serba-serbi akreditasi D3 Elektronika, semoga hasil yang didapat akan memuaskan banyak pihak. Semangat menjadi lebih baik!

IMG20160903162021Sesi foto bersama tim asesor dan tim akreditasi.