Select Page

Rabu, 12 Oktober 2016, Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika  Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Java Bali IT Competition (JBITC) 2016 di Aula Gedung H5 Fakultas Teknik Departemen Teknik Elektro  dan informatika UM. Lomba yang bertajuk teknologi ini mengusung tema “Be The Next Agent of Technology” di tahun ke 4 nya. JBITC 2016 merupaka sebuah perlombaan tentang teknologi masa kini yang akan berkembang di masa depan. Kategori lomba JBITC 2016 aalah inovasi blog edukasi yang menjelaskan tentang suatu produk (Blog Competiton) serta sebuah lomba coding yang dilengkapi dengan cerdas cermat (Quiz and Algorithm). Target dari JBITC 2016 adalah siswa SMA/SMK sederajat.

post 1Piala Java Bali IT Competition 2016

Secara resmi, JBITC 2016 dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yaitu Prof. Dr. Marji, M.Kes yang didampingi oleh Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. selaku Sekertaris Departemen Teknik Elektro dan Informatika , Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. selaku perwakilan juri Quiz and Algorithm dan Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. selaku Ketua Pelaksana JBITC 2016 dari Dosen. Lomba yang dihelat selama dua hari ini meloloskan sebesar 26 tim yang terdiri dari 16 tim Quiz dan Algorithm dan 10 tim Blog Competition. Tidak lupa juga, acara JB ITC 2016 dihadiri oleh pendamping Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika  yaitu Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

IMG_6142Sebagian dosen pada pembukaan JB ITC 2016

Mekanisme dari lomba JBITC 2016 dimulai dengan tes tulis dari peserta Quiz and Algorithm yang bertepat di Laboratorium Jaringan Komputer di H5 205 dan akan berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Tes tulis merupakan seleksi tahap awal setelah dinyatakan lolos pada tes seleksi online sebelumnya. Juri yang mendampingi dalam tes tulis Quiz and Algorithm adalah Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. dan Azhar Ahmad, S.Pd., M.Pd.

IMG_6101Juri Quiz and Algorithm Bapak Wahyu Sakti (Batik Merah) Bapak Azhar (Batik Biru)

post 4Peserta mendengarkan pembacaan peraturan dari Bapak Wahyu Sakti

IMG_6118

Sebagian peserta Quiz and Algorithm mengerjakan soal

Setelah melakukan tes tulis, peserta lomba Quiz and Algorithm dibimbing untuk masuk ke dalam Aula H5 sembari menunggu peserta Blog Competition untuk datang. Pembukaan secara resmi dari JB ITC 2016 dipandu oleh Dika dan Maya selaku Master of Ceremony. Pada saat pembukaan JB ITC 2016 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang berlangsung khidmat, kemudian dilanjutkan oleh beberapa sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Sandika Maulana Putra selaku ketua pelaksana JBITC 2016 dan dilanjutkan oleh Sekertari Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. dan yang terakhir yaitu Prof. Dr. Marji, M.Kes selaku Wakil Dekan III yang sekaligus membuka acara JBITC 2016.

IMG_3230Ketua Pelaksana (Sandika) sedang memberikan sambutan

IMG_3233Bu Triyanna (Mewakili Ketua departemefn) memberikan sambutan

IMG_3237Bapak Mardji (WD III) memberikan sambutan

IMG_6181Pembukaan Acara JB-ITC 2016

Pembukaan JBITC 2016 telah usai, para peserta Quiz and Algorithm dan Blog Competition berpisah dan melaksanakan agenda masing-masing. Peserta Blog Competition tetap berada di Aula H5 untuk melakukan Presentasi Poster di hadapan mahasiswa dan Juri Blog Competition. Sedangkan peserta Quiz and Algorithm kembali ke Laboratorium Jaringan Komputer di H5 205 untuk melakukan babak selanjutnya yaitu coding estafet.

Di Aula H5, para peserta Blog Competition sibuk mempersiapkan poster mereka. Poster yang dicetak dengan ukuran A3 ditempel di sekeliling Aula H5 bagian belakang. Para peserta mulai memberikan penjelasan mengenai Poster Blog mereka ketika Mahasiswa, Juri Blog Competition, dan Dosen mendatangi poster mereka.

IMG_6199Peserta Blog Competition memasang poster di Aula H5

IMG_6250Mahasiswa bertanya mengenai poster peserta Blog Competition

IMG_6380Dosen (Juri) bertanya dan menilai tentang poster peserta Blog Competition

IMG_6268Mahasiswa memasukan hasil voting poster peserta Blog Competition pilihan mereka

Beralih ke Laboratorium Jaringan Komputer H5 205, peserta Quiz and Algorithm mendengarkan dengan teliti peraturan yang dibacakan oleh salah satu juri Quiz and Algorithm. Coding estafet berlangsung sekitar 180 menit. Atmosfer yang tercipta di Laboratorium Jaringan Komputer H5 205 cukup menegangkan dan membuat persaingan pada perlombaan semakin terasa. Hingga akhirnya coding estafet selesai tepat pukul 14.00 WIB. Dan seluruh peserta Quiz and Algorithm diarahkan kembali ke Aula H5 untuk melakukan penutupan JBITC 2016 hari pertama.

IMG_3284Peserta melakukan coding estafet (hanya satu peserta tiap soal)

Di Aula H5, peserta Blog Competition telah selesai melakukan presentasi poster. Agenda selanjutnya adalah penyerahan 26 piala kepada para peserta sebagai wujud apresiasi dan penghargaan kepada 16 tim Quiz and Algorithm dan 10 tim Blog Competition.

IMG_6522Penyerahan piala kepada 10 besar Blog Competition dan Quiz and Algorithm

Setelah selesai, saat yang ditunggu telah tiba oleh tim Quiz and Algorithm karena akan ditampilkan tiga finalis terbaik dengan skor tertinggi di antara yang lainnya. Ketiga finalis itu yang nantinya akan bertanding kembali esok hari memperebutkan juara 1,2,3 di bidang Quiz and Algorithm. Dan ketiga finalis yang berhasil adalah SMK Muhammadiyah 5 Babat, SMKN 4 Malang dan SMA Santa Maria Surabaya.

IMG_6540Foto bersama 10 besar Blog Competition dan 16 besar Quiz and Algorithm

——–

Kamis, 13 Oktober 2016 merupakan saat yang paling ditunggu. Hari itu merupakan final dari JBITC 2016. Keseruan dari JBITC semakin terasa ketika para peserta Blog Competition maupun Quiz and Algorithm memasuki Aula H5. Para peserta yang terdiri dari 10 Tim Blog Competition dan 3 Tim finalis dari Quiz and Algorithm melakukan presensi tepat pada pukul 08.00 WIB.

Agenda yang pertama adalah presentasi dari 10 Tim Blog Competition yang dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama adalah 3 peserta yang mendapat undian pertama. Waktu presentasi dari tiap Tim adalah 20 menit beserta tanya jawab dari Juri Blog Competition.

IMG_6695Presentasi salah satu peserta Blog Competition

IMG_6699Alat peraga salah satu peserta Blog Competition

Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan 5 Tim Blog Competition dengan alokasi waktu yang sama yaitu 20 menit tiap Tim. Sebelum berlanjut ke sesi terakhir, terlebih dahulu para peserta dihibur dengan penampilan dari band yang berasal dari Teknik Elektro yang membawakan sebanyak 2 buah lagu yang kemudian ditutup dengan presentasi 2 Tim Blog yang terakhir.

IMG_6837Penampilan Band dari Teknik Elektro untuk menghibur peserta JB ITC 2016

Setelah beristirahat, para peserta Blog kembali ke Aula H5 untuk menyaksikan babak final dari Tim Quiz and Algorithm. Untuk memperoleh juara dari Quiz and Algorithm, diadakan 4 babak sebagai penentu nilai akhir. Babak wajib, Babak Adu cermat, Babak Adu Cepat dan Babak Tanya jawab. Tepat pukul 14.00 WIB final JBITC 2016 dimulai. Atmosfir pun berubah menjadi sangat menegangkan ketika score Tim dari SMA Santa Maria Surabaya dan SMKN 4 Malang saling mendahului. Tidak lupa SMK Muhammadiyah 5 Babat dan SMA Santa Maria Surabaya saling melempar pertanyaan yang merupakana strategi dari kedua tim tersebut. Hingga akhirnya Babak Final dari Quiz and algorithm dimenangkan oleh SMA Santa Maria Surabaya yang nilainya paling tinggi.

Akhirnya sampai juga di penghujung acara dari JBITC 2016, dimana agenda yang terakhir adalah penyerahan hadiah kepada para pemenang, baik dari peserta Tim Blog Competition ataupun peserta TimQuiz and Algorithm. Tidak lupa juga penyerahan penghargaan kepada Para Juri JBITC 2016.

IMG_6893Penyerahan penghargaan kepada salah satu juri JB ITC 2016

JUARA 1 BLOG COMPETITIONJuara 1 Blog Competition JB ITC 2016

JUARA 2 BLOG COMPETITIONJuara 2 Blog Competition JB ITC 2016

JUARA FAVORIT BLOGJuara Favorit Blog Competition JB ITC 2016

JUARA SELURUH BLOG

Juara 1, 2 dan Juara Favorit Blog Competition JB ITC 2016

JUARA 1 QUIZ AND ALGORITHMJuara 1 Quiz and Algorithm JB ITC 2016

JUARA 2 QUIZ AND ALGORITHMJuara 2 Quiz and Algorithm JB ITC 2016

JUARA 3 QUIZ AND ALGORITHMJuara 3 Quiz and Algorithm JB ITC 2016

SELURUH JUARA QUIZ AND ALGORITHMSeluruh Juara Quiz and Algorithm JB ITC 2016

PANITIA DAN JUARAPanitia dan Seluruh Juara JB ITC 2016

Sandika selaku ketua pelaksana berpesan bahwa JBITC 2017 harus lebih besar dan lebih menarik dari tahun 2016.

Live streaming: elektro.um.ac.id/jbitc

Semangat Menghebat dan Sampai Jumpa di JBITC 2017!!!