Select Page

Dalam rangka pengembangan madrasah di lingkungan Indonesia, utamanya yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, selalu mendapat dukung dari yayasan pendiri madrasah. Selain itu, juga terdapat komite yang selalu mendukung terhadap kegiatan belajar mengajar. Termasuk juga yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur.

Tetapi hal ini tidak sebanding dengan peningkatan mutu guru dibidang teknologi yang masih terkendala, dimana sistem informasi yang terpadu dan tepat guna berkaitan dengan akademik dan administrasi sekolah masih belum tersedia. Untuk mengatasi hal tersebut, tiga dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Khoirudin Asfani, S.Pd, M.Pd, Quota Alief Sias, S.T.,M.T, dan Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom merancang dan mengembangkan sebuah Sistem Tata Kelola Informasi Sekolah MI-MTs Al Huda Malang.

“Hal ini perlu dilakukan karena pemberian informasi dari sekolah masih dilakukan secara manual dan konvensional, serta belum tersedianya sistem informasi yang tepat, efektif, dan efisien untuk memberikan informasi secara lengkap dan jelas dari pihak sekolah kepada orang tua,” ungkap Khoirudin.

Tujuan dari sistem Tata Kelola informasi sekolah ini adalah untuk mengembangkan sebuah website yang terintegrasi dengan guru, tenaga kependidikan, siswa dan orang tua pada lingkup MI-Mts Al Huda Malang. Dimana isi dari sistem informasi tersebut terdiri atas penerimaan siswa baru, konsultasi anak di sekolah, spp sekolah, dan rapor sekolah. Selanjutnya memberikan sosialiasasi dan pelatihan penggunaan sistem informasi tersebut kepada pihak sekolah. Khususnya kepada guru dan tenaga kependidikan agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola sistem informasi sekolah yang telah dikembangkan.

Kegiatan ini didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UM melalui pendanaan PNBP Universitas Negeri Malang anggaran tahun 2019. Kegiatan ini terdiri dari perancangan, pembuatan sistem informasi, hingga pengujian sistem dilakukan di Laboratorium Teknik Elektro UM. Setelah sistem sudah teruji dengan baik dari segi fungsionalitas dan usabilitas maka dilakukan serah terima sistem dan memberikan sosialisasi tentang gambaran dan fungsi sistem yang dibuat, serta memberikan pelatihan dalam bentuk demonstrasi secara bertahap kepada pihak MI-MTs Al Huda dimulai,  (13/7/19).

“Diharapkan dengan adanya sistem Tata Kelola informasi sekolah mengenai MI-Mts Al Huda Malang yang layak dan siap digunakan dari segi fungsionalitas dan usabilitas dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan pihak orang tua,” harapnya.

Serta melalui pelatihan kepada pihak sekolah, diharapkan oleh tim dosen UM, dapat meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan dibidang teknologi.

“Sehingga pengelolaan sistem informasi sekolah dilakukan dengan baik dan sistem dapat bermanfaat bagi pihak sekolah dan orang tua,” tutup Irawan.