Select Page

Assalaamualaikum wr.wb. Halloo perkenalkan nama saya Yoyok Sukrismon mahasiswa S1 Teknik Elektro 2016. Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman magang selama enam (6) bulan saya di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau biasa dikenal dengan PT PELINDO III. Awalnya saya mendapat informasi magang 6 bulan ini dari akun Instagram FT UM, tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dimana pada saat itu Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). FT mengundang Mahasiswa UM untuk mengikuti program tersebut, sedangkan saat itu bertepatan juga dengan jadwal pelaksanaan Praktik Industri, kemudian saya berfikiran untuk menjadikan magang 6 bulan ini sebagai Praktik Industri. Pastinya banyak pertimbangan dan kondisi yang membuat bimbang waktu itu, diantaranya pasti saya akan tertinggal dengan teman-teman yang lain dikarenakan pelaksanaan magang yang jauh lebih lama dibandingkan dengan praktik industri yang sebenarnya yaitu hanya 2 bulan. Untuk memantabkan pilihan, saya melakukan konsultasi dengan Dosen Pendamping Akademik saya yaitu Ibu Siti Sendari. Dari konsultasi tersebut saya dapat melihat keuntungan yang didapat dari mengikuti magang 6 bulan ini, sehingga membuat tekad saya semakin bulat untuk mencoba mendaftar. Kemudian saya mendaftar dengan melengkapi berkas-berkas yang disyaratkan. Akan tetapi, saya tidak lolos seleksi PMMB Bacth I karena ada satu berkas saya yang salah. Namun, saya tidak menyerah begitu saja. Berkas yang salah segera saya perbaiki dan mencoba daftar kembali pada Batch II, setelah dilakukan pengecekan berkas dan juga wawancara Alhamdulillah saya lolos untuk melaksanakan magang selama 6 bulan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) di Surabaya.

Pada hari Jumat, 27 Juli 2019 saya berangkat ke Surabaya PT Pelindo III untuk melakukan pembekalan hari pertama. PT Pelindo III merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang kepelabuhananan. Pada awalnya saya tidak mengetahui apa tugas dan tanggung jawab ketika magang disana. Pada saat itu PT Pelindo III membutuhkan mahasiswa dibidang elektro untuk ikut serta dalam proyek pembangunan Gedung baru yang sekarang diberi nama Tower Poros Maritim. Pada saat proses magang berlangsung saya belajar banyak hal baru dalam proyek diantaranya bagaimana menggambar instlasi MEP (Mechanical Electrical Plumbing) dengan menggunakan aplikasi AutoCAD.

Betapa beruntungnya saya, pada pertengahan bulan September mendapat tugas untuk melakukan maintenance instalasi listrik di Benoa Marina Bali dikarenakan terjadi masalah pada panel listrik dermaga, sehingga ketika ada kapal Yatch yang sandar di dermaga, kapal-kapal tidak dapat mendapat suplai listrik sehingga permasalahan tersebut harus segera diatasi. Saya melaksanakan tugas di Bali selama dua hari. Saya mendapat tanggungjawab untuk menyelesaikan proyek disana agar selesai tepat waktu, dan alhamdulillah dapat terselesaikan dan instalasi listrik di Benoa Marina Bali kembali normal.

foto-yoyok-monitoring

foto-yoyok-checking

Foto Perbaikan Panel Listrik Di Benoa Marina Bai

Setelah menyelesaikan permasalahan di Benoa Marina Bali keesokan harinya langsung berangkat ke Banyuwangi tepatnya di Boom Marina Banyuwangi untuk pengecekan progress pemasangan instalasi listrik dan air. Setelah tugas selesai masih ada waktu sedikit buat jalan-jalan di Banyuwangi, lumayanlah, kegiatan kerja dapat sekalian jalan-jalan.

Bulan-bulan berikutnya kegiatan magang lebih banyak di kantor sesekali ke proyek untuk pengecekan progress. Pada pekerjaan ini saya berurusan dengan proyek Gedung Tower Poros Maritim, pengecekan antara Gambar Perencanaan mulai dari panel-panel listrik, instalasi air bersih dan kotor, lokasi pompa dengan kondisi real di lapangan sudah sesuai, jika ada yang tidak sesuai maka gambar di revisi kemudian diserahkan pada pembimbing untuk di perbaharui dan ditanda tangani.

Pengecekan Progress Pengerjaan Gedung Tower Poros Maritim

Foto Pengecekan Progress Pengerjaan Gedung Tower Poros Maritim

Pada bulan ke enam magang merupakan jadwal untuk presentasi akhir kepada Direktur SDM (Sumber Daya Manusia) PT Pelindo III, Dimana topik yang dibahas pada presentasi akhir tersebut adalah masalah yang terdapat di perusahaan tempat magang dan memberikan solusi dari masalah tersebut sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Topik yang saya bahas pada waktu itu adalah tentang Optimalisasi sistem kelistrikan di Benoa Marina Bali. Alasan saya mengambil topik tersebut dikarenakan saya sudah pernah melakukan pengambilan data disana dan kompetensi yang saya miliki dalam bidang keteknikan elektro. Setelah melakukan presentasi seminggu kemudian dilakukan penutupan secara serentak PMMB Batch II 2019 PT Pelabuhan Indonesia III di Grha Barunawati Surabaya sekaligus pembagian sertifikat hasil magang selama 6 bulan.

foto-yoyok-sukrismon-presentasi-2019

Foto Presentasi Akhir PMMB Batch II 2019

Demikian cerita magang saya, sebenarnya masih banyak cerita-cerita tentang pengalaman magang di PT PELINDO III yang belum dapat disampaikan antara lain pengalaman menyaksikan overhaul Transformator di B&D Transformer Surabaya, partisipasi dalam maintenance Genset di Grha Barunawati, pemasangan instalasi listrik di Surabaya North Quay dan masih banyak lagi.

foto-pmmb-2019

Foto bersama dengan teman-teman PMMB Batch II PT PELINDO III