Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
Deskripsi Program Studi:
Program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro merupakan salah satu program studi di Jurusan Teknik Elektro. Program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro resmi dibuka pada 25 Juni 2009, sesuai dengan SK menteri No. 1034/D/T/2009. Meskipun Program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro lebih muda dari pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, namun menjadi program studi favorit karena berhasil menduduki peringkat A pada akreditasi. Program studi yang diketuai oleh Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. ini membidik para calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang pendidik di bidang teknik elektro. Namun, bukan itu saja, lulusan pendidikan teknik elektro nantinya juga dapat melebarkan kompetensinya di berbagai bidang.
Visi, Misi Dan Tujuan
Visi:
Mewujudkan Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan nasional dalam pengembangan pendidikan dan sains khususnya dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro yang relevan dengan kebutuhan pembangunan, masyarakat dan kemanusiaan.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi khususnya bidang Pendidikan Teknik Elektro.
- Membangun masyarakat melalui penerapan iptek dalam bidang teknik elektro bagi kesejahteraan dan kemanusiaan.
- Menjalin kerjasama dengan pihak luar dan dalam negeri untuk meningkatkan kualitas dan kinerja prodi.
- Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan peran dan citra prodi.
- Membangun organisasi jurusan dan prodi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akutanbilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara bekersinambungan.
Tujuan:
Tujuan pendidikan Program S1 Pendidikan Teknik Elektro, yaitu:
- Menghasilkan lulusan tingkat sarjana PTE yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.
- Menghasilkan karya ilmiah melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang PTE.
- Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penerapan IPTEKS di bidang PTE.
- Meningkatkan kualitas dan kinerja prodi dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.
- Meningkatkan peran dan eksistensi prodi melalui pemberdayaan alumni.
- Mewujudkan tata kelola prodi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi diri secara berkesinambungan.
SCPL/Learning Outcomes:
Kode | Kompetensi |
---|---|
LO1 | Mampu menguasai konsep pembangkitan tenaga listrik untuk merancang, membangun, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem pembangkit tenaga listrik dengan perilaku jujur, menginternalisasi norma dan nilai akademik, bertanggung jawab dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. |
LO2 | Memahami konsep dan prinsip Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik agar terampil merancang, memasang, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik, yang dilandasi perilaku: menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika , menghormati keragaman pendapat. |
LO3 | Memahami konsep dan prinsip Pemanfaatan Tenaga Listrik agar terampil merancang, merakit, menguji, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem pemanfaatan Tenaga Listrik, yang dilandasi oleh perilaku: jujur, sabar, taat peraturan, mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial masyarakat untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pemanfaatan tenaga listrik. |
LO4 | Memahami konsep dan prinsip Otomasi Industri agar terampil merancang, merakit, menguji, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem Otomasi Industri yang berlandaskan pada perilaku: jujur, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengembangkan atau menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
LO5 | Memahami konsep dan prinsip pedagogik agar terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi kegiatan pembelajaran tentang: (a) pendidikan dan pembelajaran; (b) pengembangan siswa, (c) kurikulum, (d) sumber belajar, (e) perencanaan pembelajaran, (f) pelaksanaan pembelajaran, dan (g) peningkatan kualitas pembelajaran melalui PTK berbasis perilaku: internalisasi nilai, norma, dan etika akademik; memiliki nasionalisme yang tinggi, menghargai keragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan. |
LO6 | Penguasaan konsep dasar dan penerapan matematika, kelistrikan dasar, elektronika dan pengukuran untuk merancang, membangun, dan mengevaluasi sistem kelistrikan dengan perilaku jujur, menginternalisasi norma dan nilai akademik, memiliki tanggung jawab dan berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. |
LO7 | Menguasai konsep elektronika industri untuk merancang, membangun, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem elektronik industri dengan perilaku jujur, menginternalisasi norma dan nilai akademik, memiliki tanggung jawab dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. |
LO8 | Menguasai konsep mekatronika untuk merancang, membangun, memelihara, memperbaiki dan mengevaluasi sistem mekatronik dengan perilaku jujur, menginternalisasi norma dan nilai akademik, memiliki tanggung jawab dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. |
LO9 | Memahami konsep dan prinsip penelitian dan pengembangan agar terampil merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang-bidang berikut: (a) deskriptif-kuantitatif; (b) penelitian kualitatif, (c) penelitian pengembangan, (d) penelitian evaluasi, dan (e) penelitian tindakan kelas, yang didasarkan pada perilaku berikut: jujur, rendah hati, rajin, teliti dan sabar, menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan dalam bidang keahliannya. mandiri, menghargai keragaman pandangan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam mengambil keputusan yang tepat dalam rangka penyelesaian masalah di bidang teknik elektro berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
LO10 | Memahami dasar-dasar kepribadian dan pengetahuan kewirausahaan sehingga terampil dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan menciptakan kegiatan usaha berupa bantuan teknis & manajemen, produk dan jasa di bidang teknik elektro untuk melayani kebutuhan masyarakat dan sekolah , yang dilandasi oleh perilaku: religius, jujur, rendah hati, dan sabar, internalisasi nilai akademik, norma, dan etika; mampu memelihara dan mengembangkan jaringan dengan pembimbing, rekan kerja, rekan sejawat baik di dalam maupun di luar institusi. |
LO11 | Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan perilaku sebagai warga negara yang religius yang menghayati negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan semangat Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global. |
Lulusan
Kompetensi lulusan:
Kompetensi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, mencakup kompetensi bidang keguruan dan kompetensi bidang keteknikan.
- Kompetensi bidang keguruan meliputi: (a) kompetensi pedagogik; (b) kompetensi kepribadian; (c) kompetensi profesional; dan (d) kompetensi sosial.
- Kompetensi bidang keteknikan, meliputi keahlian Elektro dan keahlian Elektronika. Mahasiswa memilih salah satu dari 2 keahliah tersebut. Keahlian Elektro mencakup:(a) rancang bangun sistem tenaga listrik; (b) pemanfaatan tenaga listrik; (c) penyediaan tenaga listrik; (d) konstruksi dan instalasi; serta (e) melakukan riset dan pengujian. Keahlian Elektronika mencakup: (a) rancang bangun sistem instrumentasi dan kontrol; (b) rancang bangun sistem mikroprosesor; (c) mengembangkan perangkat lunak aplikasi komputer; (d) rancang bangun jaringan komputer; (e) melakukan riset dan pengujian.
- Kompetensi Pendukung: (a) melakukan pengukuran besaran listrik dan elektronika; (b) melakukan analisis rangkaian listrik dan rangkaian elektronika; (c) melaksanakan pekerjaan elektro- mekanik; dan (d) melakukan perawatan dan perbaikan alat listrik atau alat elektronika.
- Kompetensi lain-lain: (a) mengembangkan wirausaha bidang elektro dan elektronika; (b) mengembangkan pelatihan keterampilan elektro atau elektronika.
Area okupasi:
Aktualisasi kompetensi yang dirancang diharapkan dapat mengisi posisi sebagai:
- Guru rumpun listrik dan elektronika di SMK.
- Guru keterampilan rekayasa teknologi (SMP/MTs dan SMA/MA).
- Instruktur pada lembaga/balai-balai pelatihan.
- Usaha dalam bidang ketenagalistrikan , instrumentasi dan kontrol.
Disamping itu juga dapat mengisi posisi-posisi sebagai tenaga ahli dalam bidang: rekayasa kelistrikan, perancangan pemanfaatan tenaga listrik, konstruksi dan instalasi tenaga listrik, di industri penyediaan tenaga listrik, industri peralatan listrik dan elektronik, serta riset dan pengujian bidang instrumentasi dan kontrol, dan ketenaglistrikan.
Akreditasi
Kurikulum
Mata Kuliah:
Kurikulum:
Silahkan klik disini untuk melihat pedoman
Dokumen Kurikulum (versi Indonesia)
Curriculum (English version)
Dokumen Kurikulum Tahun 2018Dokumen Kurikulum Tahun 2014
Staff Handbook
Silahkan diklik disini
Modul Handbook
Silahkan diklik disini