Deskripsi Mata Kuliah:

Target akhir mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman aspek-aspek teknologi, sosial, dan pragmatis dari pengembangan perangkat lunak open source, sedemikian hingga dapat merancang proyek pengembangan perangkat lunak open yang konvergen ke arah kualitas yang lebih baik dalam hal maturity, keluasan dan kedalaman teknologi, and penguatan komunitas.


DESKRIPSI KOMPETENSI:

1.    Mahasiswa mampu menelaah sejarah dan filosofi dari proyek pengembangan teknologi open source.

2.    Mahasiswa mampu menelaah isu / permasalahan terkini tentang pengembangan teknologi open source.

3.    Mahasiswa mampu memilih jenis lisensi yang paling tepat untuk sebuah teknologi perangkat lunak open source berdasarkan pemahaman implikasi terhadap pengguna, pengembang dan komunitas perangkat lunak secara umum.

4.    Mahasiswa dapat memaksimalkan moda komunikasi tertentu dalam dunia open source untuk kepentingan pengembangan dan distribusi/pemasaran.

5.    Mahasiswa dapat memilih perangkat-perangkat yang sesuai untuk pengembangan teknologi open source, seperti misalnya distributed revision control; documentation tools; automated build and test systems; debuggers; source code utilities; tracking systems; on-line resources, dan lain sebagainya.