Deskripsi Mata Kuliah:

  1. Konsep dasar pengukuran, penilaian, dan evaluasi
  2. Paradigma pengukuran, penilaian, evaluasi berbasis kompetensi;
  3. Standar Penilaian
  4. Menetapkan indikator kompetensi;
  5. Pengembangan instrumen penilaian: kognitif, afektif, psikomotorik
  6. Penskoran
  7. Analisis instrumen penilaian: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda
  8. Penilaian Acuan norma dan acuan patokan;
  9. Remidial hasil penilaian pembelajaran;
  10. Pelaporan hasil belajar;


Deskripsi Kompetensi:

1.     Mengkaji paradigma, konsep, model dan teori baru dalam pembelajaran, kaitannya dengan pengukuran, penilaian, dan evaluasi.

2.     Mengkaji konsep kompetensi, standar kompetensi, dan standar kompetensi lulusan.

3.     Mengkaji berbagai peran penilaian dan evaluasi dalam peningkatan mutu pembelajaran.

4.     Mengkaji berbagai macam alat ukur dan sumber data pengukuran.

5.     Mengkaji berbagai instrumen penilaian hasil belajar berbasis kompetensi (penilaian acuan patokan/PAP atau penilaian acuan kriteria/PAK) serta penilaian acuan norma (PAN).

6.     Mengkaji langkah-langkah penyusunan tes dan non tes yang baik.

7.     Menetapkan syarat-syarat tes yang baik.

8.     Mengalisis butir instrumen pengukuran (obyektif dan subyektif tes)

9.     Menganalisis reliabilitas dan validitas pengukuran pada instrumen penilaian hasil belajar.

10.  Mengkonversi skor menjadi nilai meliputi mengadministrasikan dan melaporkan penilaian hasil belajar.

11.  Mengkaji model-model evaluasi program.