Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini mengkaji pengertian, tujuan, fungsi, isi organisasi, jenis layanan, wadah sumber belajar, prinsip-prinsip pengelolaan sumber belajar (fasilitas dan personalia), pola-pola organisasi sumber belajar, melatih mengelola pusat sumber belajar (PSB), mempraktekkan kegiatan yang dilakukan PSB, mengkaji organisasi PSB sebagai lembaga sumber daya pembelajaran, menyempurnakan dan mengembangkan Pengelolaan Sumber Belajar. 

Deskripsi Kompetensi:

1.     Mengidentifikasi  teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

2.     Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

3.     Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran

4.     Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

5.     Mendeskripsikan sumber belajar yang didesan.

6.     Mendeskripsikan sumber belajar yang dimanfaatkan (non desain).

7.     Membandingkan antar teori belajar

8.     Membandingkan pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

9.     Menjunjukan kasus pembelajaran di kelas yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

10.  Membuat model pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

11.  Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran