Deskripsi Mata Kuliah:

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Jenis teori belajar yang dikaji meliputi: teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitif, konstruktivisme, dan humanisme serta teori pengolahan informasi dalam struktur memori manusia dan dilanjutkan upaya pembelajaran yang berpijak pada masing-masing teori belajar. Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran dan nfaktor-faktor yang mempengaruhi belajar dan pembelajaran. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik dari aspek perkembangan kognitif dan fisiologis, serta sosio emosionalnya dan upaya pembelajaranya.  Analisis kasus praktek pembelajaran.

Deskripsi Kompetensi:

1.     Mengidentifikasi  teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

2.     Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

3.     Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran

4.     Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

5.     Mendeskripsikan sumber belajar yang didesan.

6.     Mendeskripsikan sumber belajar yang dimanfaatkan (non desain).

7.     Membandingkan antar teori belajar

8.     Membandingkan pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

9.     Menjunjukan kasus pembelajaran di kelas yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

10.  Membuat model pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran