Deskripsi Mata Kuliah:

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang: pengertian sistem, struktur dan organisasi sistem, pengembangan sistem, analisis kebutuhan sistem, perencanaan input dan output sistem, perancangan basis data, serta implementasi hasil perancangan sistem.


Deskripsi Kompetensi:

1.     Menelaah konsep Sistem analis dan analisis sistem, siklus pengembangan sistem, serta cara menganalisis sistem.

2.     Merancang model proses dan sebuah sistem, DFD.

3.     Menganalisis sistem.

4.     Memaksimalkan penggunaan logical DFD.

5.     Membangun model data: logical modeling, ERD, serta ERD untuk analisis sistem.

6.     Memerinci data lojik dan kebutuhan informasi dalam sebuah kamus proyek: definisi, konvensi dan implementasi, serta kamus proyek untuk analisis sistem.

7.     Menelaah policy lojik dan prosedur dalam kamus proyek: policy, prosedur, kamus proyek, konvensi spesifikasi proses dan implementasi kamus, serta kamus proyek untuk analisis sistem.

8.     Merancang sistem: proses desain dan perspektif, mendapatkan SW dan HW untuk sistem informasi baru, mendesain sistem informasi berbasis komputer, serta desain prototipe.

9.     Merancang basis data komputer: konsep basis data untuk sistem analis, serta merancang dan mendokumentasikan basis data.

10.  Merancang dan membuat prototipe output dan kontrol komputer: prinsip dan garis besar perancangan output, membuat prototipe dan desain output, serta metode dan teknik untuk menangkap data dan input.

11.  Merancang dan membuat prototipe interface user dan terminal dialog: berkomunikasi dengan komputer melalui keyboard serta membuat prototipe dan desain user interface yang on-line.

12.  Menelaah Perancangan, penggunaan metode, dan kontrol berbasis komputer: implikasi metode, prosedur, dan kontrol pada sistem serta penggunaan flow chart untuk dokumentasi metode, prosedur, dan kontrol.

13.  Membangun sistem: merancang sistem, menerapkan dan mengevaluasi sistem, menganalisis kelayakan dan keuntungan.

Memerinci keterampilan dan kebutuhan untuk merancang dan menganalisis sistem: manajemen proyek, teknik dan alat bantu manajemen proyek, teknik untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada, serta keterampilan berkomunikasi sistem analis.