Salah satu Program Studi (Prodi) Departemen Teknik Elektro dan Informatika , S1 Pendidikan Teknik Informatika (S1 PTI) berkesempatan mendapat kunjungan visitasi akreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Visitasi Akreditasi diperlukan untuk (1) Memperoleh gambaran kinerja lembaga pendidikan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu. (2) Menentukan tingkat kelayakan suatu lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan manfaat dari visitasi akreditasi adalah (1) Sebagai acuan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mutu meningkatkan pengembangan sekolah (2) Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja lembaga pendidikan.
Proses visitasi akreditasi dimulai pada Jumat, 6 Oktober 2016 dan berakhir pula pada hari tersebut melibatkan banyak pihak intern dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika hingga Fakultas Teknik. Pukul 09.00 WIB, Tim Asesor yang berasal dari Kota Bandung datang dan langsung di arahkan menuju Ruang Rapat di Gedung H5 Lt. 1. Tim Asesor BAN PT untuk Pendidikan Teknik Informatika (S1 PTI) berasal dari dua Perguruan Tinggi (PT) yaitu Dr. Ir. Fahren Bukhari, M. Sc. dari Institut Petanian Bogor (IPB) dan Dr. Techn. Saiful Akbar, S.T., M.T. dari Institut Teknologi Bandung (ITB)
Banner Selamat Datang di depan Gedung G4
Setelah dilakukan pembukaan di Ruang Rapat Gedung H5 Lt1 kurang lebih 20 menit yang disambut oleh Dekan Fakultas Teknik yaitu Dr. H. Andoko, ST., M.T dan ditemani oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd, Tim Asesor langsung diarahkan menuju Gedung G4 Lt. 1 Ruang 105 untuk klarifikasi data borang dari Standar 1 hingga Standar 7. Tujuh standar tersebut antara lain:
- Standar 1 : Visi, Misi, Tujuan dari Sasaran serta Pencapaian yang di koordinatori oleh Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd.
- Standar 2 : Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjamin Mutu yang dikoordinatori oleh Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.
- Standar 3 : Mahasiswa dan Lulusan yang dikoordinatori oleh Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.
- Standar 4 : Sumber Daya Manusia yang dikoordinatori oleh Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.
- Standar 5 : Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik yang dikoordinatori oleh I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.
- Standar 6 : Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi yang dikoordinatori oleh Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.
- Standar 7 : Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Mayarakat dan Kerjasama yang dikoordinatori oleh M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom
Dr. Ir. Fahren Bukhari, M. Sc. (Batik Merah) dan Dr. Techn. Saiful Akbar, S.T., M.T. (Batik Putih)
Pada akreditasi S1 PTI ini sedikit berbeda dengan akreditasi D3 Elektronika, Tim Asesor yang biasanya di bagi menjadi 2 untuk validasi borang dan memeriksa prasarana, mahasiswa dan alumni, kini Tim Asesor lebih memilih memeriksa secara bersama-sama. Kali ini, yang menjadi Ketua dalam akreditasi S1 PTI adalah Dr. Muladi, S.T., M.T.
Setelah melakukan diskusi mengenai Standar 1 yaitu Visi, Misi, Tujuan dari Sasaran serta Pencapaian dan Standar 2 yaitu Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjamin Mutu di Ruang Borang, Tim Asesor kemudian berkeliling ditemani oleh Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. selaku Kepala Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd. selaku Kaprodi S1 PTI dan Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T. selaku Kepala Laboratorium Departemen Teknik Elektro dan Informatika (Kalab Departemen TE) untuk melanjutkan validasi mulai Standar 3 hingga Standar 7. Rungan pertama yang dikunjungi oleh Tim Asesor adalah Perpustakaan Elektro yang berada di Gedung G4 Lt. 1, kemudian setelah itu adalah Ruang KBK.
Tim Asesor dan Bapak Hakkun mengunjungi perpustakaan.
Bapak Saiful ditemani Bapak Hakkun dan Bu Siti mengunjungi Ruang KBK
Visitasi Fasilitas Ruangan dan laboratorium S1 PTI difokuskan di H5.Lt.2 , Ruangan pertama yang dikunjungi oleh Bapak Fahren dan Bapak Saiful adalah Lab Multimedia di Ruang 211, kemudian dilanjutkan menuju Laboratorium Sistem Cerdas di Ruang 208, Lab Pemrograman di Ruang 210, Laboratorium Web dan Game di Ruang 213 dan selanjutnya menuju Ruang Dosen di Ruang 206 . Kunjungan selanjutnya adalah fasilitas access center untuk mengakses beberapa sistem informasi yang biasanya digunakan Mahasiswa untuk menunjang kegiatan perkuliahan seperti siakad (Sistem Informasi Akademik) dan Sistem Informasi untuk akses Proposal Skripsi. Selain itu juga, pada komputer tersebut dapat diakses Perpustakaan dan e-learning. Setelah selesai, Tim Asesor menuju Ruang Workshop Informatika di Ruang 201, Laboratorium Sistem Informasi di Ruang 209, Laboratorium Jaringan Komputer (Jarkom) di Ruang 205 dan Lab Vision. Tepat pada Lab Vision, tengah ada kegiatan workshop motion capture. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan baru yang ada di Departemen Teknik Elektro. Motion Capture diikuti kurang lebih 20 anak dan berhasil menarik perhatian Tim Asesor untuk melihat apa saja yang harus dilakukan ketika melakukan Motion Capture. Tidak lupa juga, Bapak Fahren dan Bapak Saiful memeriksa Ruang Kuliah.
Bapak Fahren sedang melihat proses belajar dan mengajar di Laboratorium Multimedia
Tim Asesor melihat proses pembelajaran di Laboratorium Pemrograman dasar
Pengaksesan Sistem Informasi, e-learning dan perpustakaan oleh Mas Febri (Koordinator Asisten Praktikum) yang disaksikan oleh Tim Asesor, Bapak Hakkun (Kepala Departemen), Bu Siti (Koordinator Laboratorium Departemen Teknik Elektro dan Informatika ) dan Bapak Syaad (Kaprodi S1 PTI)
Tim Asesor melihat kegiatan Workshop Motion CaptureTim Asesor mengunjungi Ruang KuliahTim Asesor dan Tim Akreditasi Menuju Gedung G4 kembali.
Peran serta Mahasiswa S1 PTI dari segala angkatan, beberapaAlumni S1 PTI dan beberapa Stake Holder. Sesi pertama adalah para Stake Holder yang diwawancarai oleh Tim Asesor mengenai keterlibatan pembuatan Visi, Misi dan Tujuan S1 PTI dan kriteria Mahasiswa Baru dan Tingkat persaingan di Universitas Negeri Malang.
Stake Holder dan Tim Asesor (2)
Setelah Stake Holder, kini kesempatan Para Alumni S1 PTI untuk mendapat giliran ikut andil dalam akreditasi. Bapak Fahren dan Bapak Saiful bergiliran memberikan pertanyaan mengenai “bekerja dimana?”, “hubungan ikatan alumni dan mahasiswa”, “hubungan ikatan alumni dengan dosen”, “hubungan ikatan alumni dan alumni lain” dan yang terakhir adalah mengenai study banding kurikulum.
Beberapa Alumni dan Tim Asesor
Kemudian, giliran Mahasiswa S1 PTI segala angkatan untuk berpartisipasi mengenai akreditasi S1 PTI. Hampir sama dengan pertanyaan Alumni dan stake holder, pertanyaan yang diajukan berkisar seputar Visi, Misi dan Tujuan, Kegiatan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), Kegiatan pengabdian masyarakat dan Konsultasi mengenai Dosen PA.
Mahasiswa sedang mendengarkan Tim Asesor
Setelah selesai mem-validasi Mahasiswa dan Alumni, Tim Asesor kembali ke Ruang Borang untuk kembali melanjutkan validasi beberapa standar yang belum usai. Sampai pada akhirnya, kegiatan Akreditasi pun berakhir tepat pada pukul 19.00 WIB. Kegiatan Akreditasi diakhiri dengan penyerahan beberapa berkas hasil diskusi pihak Tim Akreditasi dengan Tim Asesor.
Penutupan Oleh Tim Asesor
Penyerahan Berkas dari Bapak Saiful ke Bapak Syaad
Penyerahan Berkas dari Bapak Fahren ke Bapak Ahmad
Sesi berfoto bersama Tim Asesor dan Tim Akreditasi
Usai sudah serba-serbi Akreditasi S1 PTI, semoga hasil yang didapat akan memuaskan banyak pihak. Semangat Meng-hebat dan menjadi lebih baik!
Tim Asesor dan Tim Akreditasi