Select Page

Rabu (22/5/2024), Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu special, yang merupakan rangkaian kegiatan Co-Teaching untuk Program World Class University (WCU) secara online. Kegiatan ini menghadirkan Associate Professor Adi Izhar Che Ani dari UiTM Pulau Pinang Malaysia, dengan tema “Machine Learning: Data Preparation and Supervised Learning”.  Kegiatan diikuti secara online oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika.

Dalam kuliah tamu ini, pemateri menyampaikan bahwa Data Preparation and Supervised Learning adalah dua langkah penting dalam proses analisis data dan pembelajaran mesin.  Data Preparation adalah langkah pertama dan sangat penting dalam analisis data dan pembelajaran mesin. Proses ini melibatkan beberapa tahap untuk memastikan bahwa data siap digunakan untuk model pembelajaran mesin. Sementara itu, Supervised Learning adalah jenis pembelajaran mesin di mana model dilatih menggunakan data yang sudah diberi label. Tujuan dari supervised learning adalah untuk mempelajari hubungan antara input dan output sehingga model dapat memprediksi output untuk input baru yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Kegiatan ini tentunya akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi peserta kuliah tamu. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’, maupun SDG 17 “Partnership for The Goals”.