Select Page

Rabu (3/4/2024), Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan topik “Visualisasi Data Menggunakan Google Spreadsheet”. Dalam kesempatan ini dihadirkan praktisi dari IBLu Academy (Yusuf Mardhani, S.Pd., MOS.). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Laboratorium Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika.

Paparan materi dari Bapak Yusuf Mardhani, S.Pd., MOS.

Dalam presentasinya pemateri membahas cara-cara untuk mengambil data yang ada di spreadsheet Google dan mengubahnya menjadi grafik atau visualisasi yang informatif dan mudah dipahami. Beberapa topik yang dibahas dalam konteks ini meliputi: Pengenalan Google Spreadsheet, Jenis Visualisasi yang Tersedia Pada Google Spreadsheet, Proses Pembuatan Grafik, Penyesuaian dan Pengaturan, dan Analisis Data. Visualisasi data menggunakan Google Spreadsheet memberikan pendekatan yang mudah digunakan dan sering kali gratis untuk mengolah dan memvisualisasikan data tanpa perlu menggunakan perangkat lunak atau keterampilan teknis yang rumit. Ini sangat berguna untuk individu atau tim yang ingin dengan cepat membuat visualisasi yang informatif dari data mereka.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana memanfaatkan google spreadsheet untuk memvisualisasikan data dan sekaligus menganalisis data. Kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Perancangan User Experience di Prodi Pendidikan Teknik Informatika. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructures’, maupun SDG 17 ‘Partnership for The Goal’.