Select Page

Laboratorium pendidikan (khususnya pada perguruan tinggi), adalah unit penunjang akademik pada perguruan tinggi, yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan 1) peralatan, 2) bahan, dan 3) berdasar metode keilmuan tertentu. Laboratorium merupakan salah satu sarana pendukung penting, yang bersifat sangat strategis dalam kegiatan pelaksanaan sistem pendidikan, khususnya pada sistem pendidikan di perguruan tinggi. Secara umum, peran dan fungsinya adalah melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk menunjang peningkatan pada laboratorium Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang, Bapak/Ibu Dosen beserta Tim laboratorium Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang pada hari Jum’at, 28 Juli 2023 melaksanakan kegiatan Benchmarking Laboratorium dengan Tim Laboratorium Departemen Teknik Elektro Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan tersebut diikuti oleh Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D, Wahyu Nur Hidayat, M.Pd, Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D, Sujito, S.T., M.T., Ph.D, Teguh Prianto A.Md, Rochmad Fauzi, S.T., Ira Kumalasari, S.Pd., Achmad Safi`i, S.Pd., Muhammad Rizal Andriansyah, A.Md., dan Febrianto Alqodri, S.Pd.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan pertama yaitu, penyambutan di ruang sidang Departemen Teknik Elektro (DTE) PENS oleh WADIR IV PENS dan KADEP DTE PENS. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan manajemen laboratorium PENS. Lalu kegiatan yang terakhir lab visit dengan dilakukan secara paralel pada 3 prodi yaitu, prodi Teknik Elektro Industri, prodi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Rekayasa Internet, serta Teknik Elektro.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas laboratorium pada Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang.