Hasil Survei

Responden: . orang
Lihat responden

Populasi Data

Prodi

Survei Data

Posisi Anda saat mengakses perkuliahan online?

Jenis Sistem Operasi Smart Phone yang digunakan saat ini

Apakah Anda mengikuti layanan perkuliahan online Dosen secara sinkron (web meet, google meet, zoom, big blue button, dll)?

Apakah Anda mengikuti layanan perkuliahan online Dosen secara asinkron (penugasan, diskusi, dll)?

Jenis platform pembelajaran daring apa saja yang Anda gunakan dalam perkuliahan di semester gasal 2021/2022?

Platform pembelajaran daring yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan perkuliahannya Anda?

Jenis aplikasi e-learning non LMS yang sering digunakan dalam pembelajaran daring?

Jenis aplikasi tatap muka (video conference) yang sering Anda gunakan bersama dosen dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah?

Aplikasi web meet (video conference) yang menurut Anda paling nyaman digunakan?

Berapa lama rata-rata anda mengakses layanan pembelajaran daring dalam sehari?

Bagaimana kualitas jaringan/internet dari tempat Anda mengakses perkuliahan daring?

Ketika mengkuti pembelajaran daring, Anda menggunakan layanan jaringan berupa?

Berapa kisaran biaya yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi pembelajaran daring (per bulan)?

Pemberian petunjuk pelaksanaan pembelajaran daring sebelum perkuliahan dimulai

Kejelasan perencanaan pembelajaran daring yang dilakukan

Keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirancang

Kualitas konten/materi yang disajikan pada pembelajaran daring disajikan dengan bahasa yang komunikatif, lengkap dan terdapat tautan ke situs

Kualitas ragam objek pembelajaran (teks, gambar, audio, video, animasi, simulasi) yang dipilih telah disesuaikan dengan kebutuhan capaian pembelajaran)

Ketersediaan waktu yang efektif untuk melakukan diskusi materi perkuliahan via daring antara dosen dan mahasiswa/mahasiswi

Kualitas pemberian umpan balik/feedback oleh dosen kepada mahasiswa/wi terhadap hasil tugas yang diberikan via daring

Kemampuan dosen memberikan motivasi dalam pembelajaran daring

Kualitas desain presentasi yang diberikan oleh dosen dalam pembelajaran daring

Kelengkapan pemberian tugas pada pembelajaran daring

Ketepatan waktu dimulainya pelaksanaan pembelajaran daring

Ketepatan waktu berakhirnya kegiatan pembelajaran daring

Kemudahan dalam mengakses layanan pembelajaran daring

Kualitas umpan balik/feedback oleh dosen kepada mahasiswa/wi terhadap hasil Ujian (UTS/UAS) yang telah diberikan

Kualitas pemberian komentar oleh dosen terhadap forum diskusi akademik yang telah dilakukan dalam pembelajaran daring

Layanan pemberian nilai/score terhadap tugas yang telah diberikan oleh dosen kepada mahasiswa via daring

Kelancaran pelaksanaan UAS

Soal UAS teori yang disajikan sudah sesuai dengan materi perkuliahan

Soal UAS PRAKTIKUM yang disajikan sudah sesuai dengan materi perkuliahan

Tingkat kepuasan Anda terhadap kinerja panitia UAS secara umum

Tingkat kepuasan Anda terhadap kinerja penyusunan jadwal oleh panitia UAS

Tingkat kepuasan Anda terhadap respon panitia UAS saat terjadi kendala

Kesesuaian batasan waktu pelaksanaan UAS

Setujukah jika perkuliahan pada semester berikutnya dilaksanakan via daring?

Keterampilan dosen menggunakan tools untuk pembelajaran sinkron (zoom, web meet, google meet, dll)

Keterampilan dosen menggunakan tools untuk pembelajaran asinkron (sipejar, google classroom, quiziz dll)

Kemampuan dosen dalam membuat media pembelajaran (PPT, video, dll)

Kemampuan dosen dalam menggunakan media evaluasi (Quiz sipejar, Google Form, Quizizz, dll)

Dosen mampu mengkolaborasikan penggunaan beberapa tools pembelajaran/perkuliahan dengan baik

Dosen menyampaikan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di awal perkuliahan

Keterampilan dosen dalam membuka dan menutup pelajaran

Keterampilan dosen dalam menjelaskan/menyajikan materi

Keterampilan dosen dalam memberi penguatan

Keterampilan dosen dalam mengadakan variasi perkuliahan

Dosen mengajari mahasiswa untuk mengadaptasi strategi pembelajaran yang tepat

Keterampilan dosen dalam mendorong keaktifan pembelajaran online dengan studi kasus/tugas kelompok

Keterampilan dosen dalam mengelola kelas

Keterampilan dosen dalam bertanya

Keterampilan dosen dalam mengevaluasi pembelajaran

Dosen membimbing mahasiswa untuk dapat belajar mandiri

Dosen menguasai materi perkuliahan yang diampu

Dosen memiliki strategi penyusunan materi perkuliahan yang mudah dipahami mahasiswa

Materi yang diberikan pada perkuliahan sesuai dengan capaian kurikulum

Materi yang disampaikan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi

Materi perkuliahan disusun secara runtun dan jelas

Media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi perkuliahan telah sesuai

Teknologi yang digunakan untuk perkuliahan telah sesuai

Keseuaian materi dengan teknologi yang digunakan dalam perkuliahan

Dosen menggunakan teknologi dengan optimal untuk evaluasi perkuliahan

Keterampilan dosen dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi perkuliahan

Rencana Pembelajaran Semester yang dibuat dosen telah sesuai dengan kurikulum

Dosen menerapkan model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata kuliah

Dosen mampu menghadirkan perkuliahan yang aktif dan menyenangkan

Dosen mampu mengelaborasi perkuliahan menggunakan media pembelajaran yang menarik

Evaluasi perkuliahan yang dilakukan dosen sesuai dengan tujuan perkulihan

Bobot penilaian yang disampaikan dosen telah sesuai dengan tujuan perkuliahan

Dosen mampu menggunakan media TIK untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan

Teknologi yang digunakan dosen dalam perkuliahan mampu menyampaikan materi dengan baik

Dosen mampu menggunakan media TIK untuk melaksanakan evaluasi perkuliahan

Dosen mampu mengkolaborasikan berbagai teknologi untuk menyajikan perkuliahan yang lebih aktif dan menyenangkan

Dosen mampu menggunakan strategi yang menggabungkan konten, teknologi dan pendekatan pengajaran.

Dosen mampu memilih teknologi yang dapat meningkatkan proses perencanaan, perkuliahan dan evaluasi pembelajaran

Dosen mampu menyampaikan materi yang tepat dengan mengintegrasikan mata pelajaran, teknologi dan metode pengajaran

Menurut saya secara keseluruhan SIPEJAR bermanfaat dalam aktivitas studi saya

Dengan danya SIPEJAR, saya mudah mendapatkan materi perkuliahan yang saya butuhkan

Saya kesulitan mengunduh materi perkuliahan pada SIPEJAR apabila tidak terdapat jaringan internet

Menggunakan SIPEJAR akan meningkatkan efisiensi waktu saya dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan

Menggunakan SIPEJAR akan meningkatkan kemampuan saya dalam mengikuti quiz atau ujian online

Menggunakan SIPEJAR memungkinkan saya untuk menyelesaikan quiz atau ujian dengan lebih cepat

Mengerjakan quiz atau ujian online melalui SIPEJAR menyulitkan saya

SIPEJAR memungkinkan saya dapat mengumpulkan tugas tepat waktu sehingga bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang baik

Mengumpulkan tugas melalui SIPEJAR dapat menghemat uang, karena saya tidak perlu mengumpulkan hardcopy

Saya mengetahui cara mengunggah tugas di SIPEJAR

Saya menemukan kesulitan saat mengunggah tugas di SIPEJAR

Mudah bagi saya untuk mahir menemukan konten yang saya butuhkan pada SIPEJAR

Belajar menggunakan SIPEJAR sangatlah rumit, sulit untuk dipahami

Mudah bagi saya untuk belajar menggunakan SIPEJAR meskipun saya baru pertama kali menggunakannya

Saya mudah untuk mengerjakan quiz atau ujian online di SIPEJAR

Saya membutuhkan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman untuk dapat mengerjakan quiz atau ujian online di SIPEJAR

Dosen telah mendorong saya untuk menggunakan SIPEJAR

Teman saya berpikir saya harus menggunakan SIPEJAR untuk mendapatkan materi perkuliahan dengan mudah

Saya akan menggunakan SIPEJAR jika dosen saya juga menggunakan SIPEJAR

Saya sangat senang jika dosen saya untuk mengunggah materi perkuliahan di SIPEJAR

Status sosial saya sebagai mahasiswa akan meningkat jika saya menggunakan SIPEJAR

Saya tidak akan lebih dikenal dosen ketika saya mengikuti quiz online menggunakan SIPEJAR

Mudah bagi saya untuk mengerjakan quiz online di SIPEJAR

Mengerjakan quiz online di SIPEJAR sedikit sulit dan membuat saya enggan untuk menggunakan SIPEJAR

Secara umum, Universitas mendukung penggunaan SIPEJAR

Saya mempunyai komputer dan koneksi internet untuk mengakses SIPEJAR di luar kampus

Tersedia panduan untuk menggunakan SIPEJAR

Menurut saya menggunakan SIPEJAR untuk pengumpulan tugas sesuai dengan cara yang saya inginkan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan saya

Saya dapat dengan mudah mengunduh materi perkuliahan di SIPEJAR melalui media selain komputer

Saya kesulitan ketika mengunduh materi perkuliahan di SIPEJAR menggunakan smartphone

SIPEJAR mampu berkomunikasi baik dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Saya kesulitan berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa lain melalui forum diskusi pada SIPEJAR

Saya dapat mengunduh materi perkuliahan pada SIPEJAR dimana saja asalkan terdapat koneksi internet

Sulit bagi saya untuk mengakses SIPEJAR di luar kampus

Saya tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan materi perkuliahan yang saya butuhkan setelah mengakses SIPEJAR

Butuh waktu tunggu yang lama untuk dapat mengakses SIPEJAR setelah saya memasukkan NIM dan password

Saya merasa sulit mempelajari fitur atau menu pada SIPEJAR

Fitur-fitur atau menu pada SIPEJAR sederhana dan mudah saya pahami

Desain tampilan SIPEJAR menarik

SIPEJAR terdapat fasilitas bantuan online ketika saya mengalami masalah saat mengerjakan quiz atau ujian online

Saya kesulitan menghubungi petugas ketika mengalami masalah saat mengerjakan quiz atau ujian online menggunakan SIPEJAR

Konten SIPEJAR jelas untuk dimengerti, dengan menggunakan bahasa yang mudah saya pahami

Bahasa yang digunakan pada SIPEJAR rumit, saya butuh waktu untuk memahami setiap konten yang ada

Materi perkuliahan yang ada di SIPEJAR lengkap sesuai dengan kebutuhan saya

Dosen jarang mengunggah materi perkuliahan ke SIPEJAR, sehingga saya kesulitan memperoleh materi di SIPEJAR

SIPEJAR menyediakan informasi dan konten yang jelas dan mudah dipahami

Mudah bagi saya untuk menemukan materi perkuliahan yang saya butuhkan pada SIPEJAR

Materi perkuliahan yang terdapat di SIPEJAR sesuai dengan materi yang diajarkan dosen di perkuliahan

Sulit bagi saya menemukan materi perkuliahan yang diajarkan dosen di SIPEJAR

Saya dapat mengandalkan materi perkuliahan yang saya dapatkan melalui SIPEJAR untuk memenuhi kebutuhan belajar saya

Saya tidak khawatir terlambat mengumpulkan tugas melalui SIPEJAR karena waktu di server sesuai dengan waktu yang sebenarnya (waktu di pengguna)

Materi perkuliahan dan informasi yang saya dapatkan melalui SIPEJAR adalah yang terkini atau up to date

Informasi yang terdapat pada SIPEJAR seperti nama-nama mata kuliah jarang diperbaruhi

Saya merasa aman dalam mengirim tugas perkuliahan melalui SIPEJAR

SIPEJAR didukung oleh teknisi profesional yang dapat saya hubungi ketika saya mengalami permasalahan seperti lupa password

Saya tidak memerlukan adanya pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan saya menggunakan SIPEJAR

Pelatihan untuk pengoperasian E-Learning SIPEJAR cukup memadai

Karyawan staff SIPEJAR menangani masalah atau keluhan yang saya alami secara tepat

Pada SIPEJAR tidak dicantumkan informasi kontak staff yang bisa saya hubungi ketika saya mengalami permasalahan saat menggunakannya

Saya berkeinginan menggunakan SIPEJAR pada semester depan/berikutnya

Saya berniat untuk berkomunikasi dengan dosen dan mahasiswa lain melalui forum diskusi SIPEJAR pada semester depan

Banyak kemudahan yang saya dapat ketika menggunakan SIPEJAR

Saya kurang tertarik untuk menggunakan SIPEJAR

Saya berkeinginan mengajak teman saya untuk menggunakan SIPEJAR agar memperloeh materi perkuliahan dengan mudah

Saya tidak berniat mengajak teman saya menggunakan SIPEJAR

Saya selalu aktif menggunakan SIPEJAR untuk perkuliahan

Saya menggunakan SIPEJAR hanya ketika dosen saya memberikan quiz atau ujian online

Dalam satu hari saya kuliah, saya sering menggunakan SIPEJAR

Selama saya menjadi mahasiswa UM saya akan menggunakan SIPEJAR

Saya puas dengan materi perkuliahan dan informasi yang saya dapat melalui SIPEJAR

Menggunakan E-Learning SIPEJAR dalam studi saya hanya membuang banyak waktu

Secara keseluruhan saya puas dengan SIPEJAR

Saya cukup puas mengggunakan SIPEJAR dalam kegiatan studi saya

Saya cukup puas mengggunakan SIPEJAR dalam kegiatan studi saya

Mengerjakan quiz atau ujian secara online melalui SIPEJAR lebih cepat daripada secara manual dengan mengisi lembar jawaban di ruang kuliah

Menurut saya ujian yang dilakukan secara online menggunakan SIPEJAR menyita banyak waktu saya

Kinerja belajar saya di kampus menjadi lebih baik dengan menggunakan SIPEJAR

Menggunakan SIPEJAR meningkatkan kemampuan saya dalam mengikuti quiz atau ujian online

Saya lebih efektif dalam belajar dengan menggunakan SIPEJAR

Pengumpulan tugas secara online menggunakan SIPEJAR akan mencegah saya terlambat dalam mengumpulkan tugas

Saya lebih tertarik dengan mengikuti ujian online menggunakan SIPEJAR daripada ujian secara tradisional dengan mengisi lembar jawaban

Pelayanan untuk mahasiswa sesuai dengan waktu

Mempunyai Dosen dan tendik yang berkompeten

Memberikan pelayanan yang tidak berbelit-belit

Memiliki jaringan Internet dengan akses yang cepat

Informasi kurikulum dan jadwal mudah ditemukan di website jurusan

Pelayanan Dosen dan karyawan optimal

Cepat dalam menanggapi keluhan mahasiswa

Informasi yang diberikan mudah dimengerti

Kecepatan memberi pelayanan

Pelayanan perpustakan yang profesional

Kesediaan Dosen dan karyawan memberikan pelayanan setiap waktu

Mahasiswa tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan pelayanan dari pihak jurusan

Memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan

Bersikap professional

Memberikan rasa aman kepada mahasiswa

Memiliki area parkir yang aman

Mempunyai ruang ibadah yang nyaman

Proses pembelajaran yang nyaman

Program kampus sesuai dengan kurikulum

Program studi yang ada menjanjikan pekerjaan yang layak

Kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri

Mengutamakan kepentingan mahasiswa

Waktu dan jam pelayanan administrasi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa

Memberikan informasi terbaru tentang perkembangan dan pelayanan kampus

Menumbuhkan kesan positif bagi setiap mahasiswa

Pelayanan yang sama kepada semua mahasiswa tanpa memandang status sosial

Memahami kebutuhan setiap mahasiswa secara spesifik

Memiliki fasilitas pembelajaran online yang representative (SIPEJAR)

Memiliki sistem informasi akademik yang kompleks (SIAKAD)

Memiliki sistem informasi kemahasiswaan yang baik (SIMAWA)

Memiliki sistem penunjang perkuliahan yang optimal (SISINTA, SIMPI, dll)

Memiliki Dosen dan karyawan yang profesional

Memiliki perpustakaan yang legkap

Memiliki tempat pakir yang luas

Memiliki ruang tunggu yang nyaman dan bersih

Mempunyai alat-alat laboratorium yang dapat mencukupi kebutuhan

Memiliki lingkungan sekolah yang bersih

Mempunyai materi pendukung Informasi yang menarik

Mempunyai kamar kecil yang mencukupi dan terjaga dengan bersih

Memiliki fasilitas olah raga yang mencukupi dan memadai

Mempunyai ruang makan mahasiswa yang bersih

Mempunyai ruang kelas dan ruang lainnya dengan penerangan yang baik

Mempunyai sarana pendukung pembelajaran

Memiliki ruang konseling yang rapi dan bersih (tingkat universitas)

Memiliki halaman untuk kegiatan mahasiswa yang mencukupi dan bersih