Select Page

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika

Program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Departemen Teknik Elektro dan Informatika. Program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika resmi dibuka pada 18 September 2006, sesuai dengan SK menteri No. 3454/D/T/2006 dan pernah menjadi program studi favorit karena belum pernah ada program studi serupa di universitas manapun di Jawa Timur khususnya. Program studi yang diketuai oleh Azhar Ahmad Smaragdina, S.Pd, M.Pd. ini membidik para calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang pendidik di bidang teknik informatika. Namun, bukan itu saja, lulusan pendidikan teknik informatika nantinya juga dapat melebarkan kompetansinya di berbagai bidang. Prodi S1 PTI telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT hingga 2027.

 

Visi, Misi Dan Tujuan
Visi:
Mewujudkan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika (PTI) sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan nasional dalam bidang pendidikan (perencanaan, penyelenggaraan, dan penilaian pembelajaran TIK), dan menganalisis, merancang, dan merealisasikan sistem berbasis komputer (rekayasa perangkat lunak, jaringan, multimedia) dengan memanfaatkan teknologi terbaru dan relevan.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan teknik informatika.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi khususnya bidang pendidikan teknik informatika.
  3. Membangun masyarakat melalui penerapan iptek dalam bidang teknik informatika bagi kesejahteraan dan kemanusiaan.
  4. Menjalin kerja sama dengan pihak luar dan dalam negeri untuk meningkatkan kualitas dan kinerja prodi.
  5. Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan peran dan citra prodi.
  6. Membangun organisasi Departemen dan prodi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akutanbilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara berkersinambungan.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan dengan level Sarjana PTI yang unggul dan berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan karya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu dalam bidang PTI.
  3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penerapan IPTEKS dalam bidang PTI.
  4. Meningkatkan kualitas dan kinerja prodi, melalui pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar PTI.
  5. Meningkatkan peran dan citra prodi, melalui pemberdayaan alumni yang tersebar di berbagai lapangan kerja di seluruh Indonesia.
  6. Mewujudkan organisasi prodi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi diri secara berkesinambungan.
Lulusan
Kompetensi lulusan:

  1. Kompetensi bidang keguruan meliputi: (a) kompetensi pedagogik; (b) kompetensi kepribadian; (c) kompetensi profesional; dan (d) kompetensi sosial
  2. Kompetensi bidang engineering meliputi: (a) Perawatan dan Perbaikan Komputer(MRIT); (b) Pemrograman under DOS & Windows (GUI Programing); (c) Pemrograman WEB; (d) Pemrograman dan Aplikasi Database; (e) Rekayasa Software; (f) Computer Multimedia; (g) Jaringan Komputer & Internet; (h) Kecerdasan Buatan (AI) & Robotika; (i) Simulasi & Pemodelan; (j) Pengelolaan & Keamanan Sistem Komputer
  3. Kompetensi Pendukung: (a) Aplikasi Perkantoran; (b) Analis sistem elektronik
  4. Kompetensi Lain-lain: wirausaha dalam bidang rekayasa software, perawatan dan perbaikan sistem jaringan komputer

Area okupasi:

  1. Guru Teknik Informatika baik untuk tingakt SD, SMP, SMU maupun SMK, dan yang sederajat
  2. Instruktur pada Pusat Pelatihan bidang Teknik Informatika
  3. Konsultan bidang Teknik Informatika
  4. Pembuat animasi dan game
  5. Analis sistem, supervisor programmer, dan teknisi pada perusahaan komputer
  6. Perencana dan teknisi bidang informatika pada software house
  7. Wirausahawan bidang informatika: pemeliharan dan perbaikan jaringan komputer serta sistem informasi
Akreditasi

terakreditasiB

Kurikulum
Mata Kuliah:

Kurikulum:
Silahkan klik disini untuk melihat pedoman

Dokumen Kurikulum Tahun 2020

Dokumen Kurikulum Tahun 2018

Dokumen Kurikulum Tahun 2014