Program Studi S1 Teknik Informatika

Deskripsi program studi:
Program studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu program studi baru di Departemen Teknik Elektro. Program studi S1 Teknik Informatika resmi dibuka pada 27 Agustus 2014, sesuai dengan SK menteri No. 350/E/O/2014. Program studi yang diketuai oleh Bapak Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. ini membidik para calon mahasiswa yang ingin mengasah kompetensinya di berbagai bidang informatika.

[accordion_group] [accordion title=”Visi, Misi Dan Tujuan”]

Visi:
Visi ilmiah Prodi S1 Teknik Informatika akan dicapai pada tahun 2030 adalah menerapkan keilmuan dalam bidang komputasi sosial budaya, teknologi digital cerdas, game teknologi, dan aplikasi machine learning untuk menghasilkan lulusan progresif, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi modern untuk menunjang kemampuan profesionalnya dan untuk membangun bangsa berbasis digital.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi untuk mengembangkan potensi dan kepribadian mahasiswa yang unggul secara nasional, regional, dan internasional.
  2. Melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan teknik informatika untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendapatkan pengakuan nasional; regional; dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi; pengamalan; dan pembudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada bidang teknik informatika untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan dengan level Sarjana di bidang Teknik Informatika yang unggul dan berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan karya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika.
  3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penerapan IPTEKS dalam bidang Teknik Informatika.
[/accordion] [accordion title=”Lulusan”]

Kompetensi lulusan:
Profil lulusan Prodi Teknologi informatika adalah: Sarjana Teknik Informatika yang memiliki kemampuan dan kapasitas dalam komputasi, teknologi digital, pengembangan game, dan aplikasi kecerdasan buatan yang berkarakter mulia, jujur, bertanggungjawab, dan berwawasan luas agar mampu menyesuaikan diri terhadap tren teknologi dan tantangan inovasi di masa depan.

Area okupasi:
Sejumlah profesi/bidang pekerjaan/bidang keilmuan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Malang secara umum antara lain: Software Engineer, System Analyst dan System Integrator, Konsultan IT, Database Engineer/Database Administrator, Web Engineer/Web Administrator, Computer Network/Data Communication Engineer, Programmer, Game Developer, Intelligent System Developer dan wirausahawan bidang teknologi informasi dan komunikasi (technopreneur).

[/accordion] [accordion title=”Akreditasi”]

Akreditasi:
B

[/accordion] [accordion title=”Kurikulum”]

Mata Kuliah:

Kurikulum:
Slahkan klik disini untuk melihat pedoman

Dokumen Kurikulum Tahun 2020

Dokumen Kurikulum Tahun 2018

Dokumen Kurikulum Tahun 2014

[/accordion] [/accordion_group]