Select Page

Minggu (23/07/2023) Dosen Universitas Negeri Malang (UM), Mohamad Rodhi Faiz, S.T., M.T Bersama tiga anggotanya yaitu, Sujito, S.T., M.T., Ph.D, Drs. Hari Putranto, M.Pd, Dr. Muladi, S.T., M.T beserta mahasiswanya antara lain, Shandy Krisnawan, Ayas Shofia Mufti, Abdullah Iskandar Syah, Moh. Zainul Falah, dan Moh. Thoriq melaksanakan kegiatan pengabdian penerapan sumber energi alternatif terbarukan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk penerangan jalan dan ramah lingkungan di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Sumber: kompasiana.com

Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan fasilitas umum yang dapat diberikan pemerintah dan menggunakan aliran listrik dari PLN. Tetapi, masih terdapat kawasan yang belum mendapatkan fasilitas tersebut sehingga membuat kawasan tersebut sangat minim penerangan. Salah satu solusi dari tidak adanya PJU yang menggunakan aliran listrik dari PLN yaitu PJU Tenaga Surya. Salah satu kawasan yang masih belum mendapatkan fasilitas tersebut adalah Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang menjadi desa binaan Universitas Negeri Malang.

Di Desa Sambigede ini masih terdapat beberapa kawasan yang belum memiliki PJU sehingga pada saat malam hari kawasan tersebut sangat minim penerangan. Hal ini dikhawatirkan dapat membahayakan warga yang melintas pada kawasan tersebut karena rawan terjadi kecelakaan hingga rawan terjadi tindak kejahatan. Solusi umum untuk menigkatkan penerangan pada kawasan tersebut dengan penghematan biaya dan ramah lingkungan berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya. Harapannya, PJU Tenaga Sura ini mampu meningkatkan kualitas penerangan di beberapa kawasan di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Sumber: kompasiana.com

Melalui pelatihan penggunaan, perawatan dan perbaikan dari teknologi yang diberikan berupa Penerangan Jalan Umum Tena Surya (PJUTS) ini, diharapkan mitra dapat mendapatkan dan merasakan teknologi yang diberikan dari pengabdian yang diketuai oleh Bapak Mohamad Rodhi Faiz,  S.T., M.T ini.

Sumber : https://www.kompasiana.com/shandykrisnawan7236/64be5951a0688f709504b4c2/penerapan-sumber-energi-alternatif-terbarukan-oleh-tim-pengabdian-universitas-negeri-malang