Select Page

Selasa (2/4/2024), Prodi Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan topik “Explainer Video”. Dalam kesempatan ini dihadirkan dosen dari Universiti Kanjuruhan Malang (Ainia Walidaroyani, S.Tr.Kom., M.Kom.). Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Prodi Teknik Informatika UM dan Prodi Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang, yang dikemas dalam program co-teaching. Kegiatan dilaksanakan secara luring di Gedung Kuliah Bersama A20 ruang 402 Universitas Negeri Malang, yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika yang sedang menempuh matakuliah Multimedia.

Paparan Materi dari Ibu Ainia Walidaroyani, S.Tr.Kom., M.Kom.

Dalam presentasinya, Ainia Walidaroyani, S.Tr.Kom., M.Kom. menyampaikan bahwa Explainer video merupakan jenis video pendek yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan konsep, produk, layanan, atau proses yang kompleks secara singkat, jelas, dan mudah dipahami. Tujuan utama dari explainer video adalah untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mengedukasi audiens, seringkali dengan menggunakan animasi atau grafis yang menarik. Explainer video telah menjadi alat yang populer di dunia digital karena kemampuannya untuk menyampaikan pesan secara cepat dan efektif, serta meningkatkan keterlibatan audiens dengan konten yang kompleks.

Kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Multimedia. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’.

Suasana Peserta Kuliah Tamu

Foto Bersama dengan Ketua Departemen TEI

Foto Bersama Peserta