Select Page

Selasa (28/5/2024), Prodi Teknik Elektro, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan topik “Pengenalan Simurelay untuk Simulasi Rangkaian Listrik”. Dalam kesempatan ini dihadirkan akademisi dari Universitas Negeri Padang (Winda Agustiarmi, S.Pd., M.Pd.). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Auditorium DTEI Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Elektro.

Paparan materi dari Ibu Winda Agustiarmi, S.Pd., M.Pd.

Dalam presentasinya pemateri menyampaikan terkait dengan penggunaan simulasi untuk memodelkan dan menganalisis rangkaian listrik menggunakan perangkat lunak Simurelay. Beberapa topik yang dapat dibahas dalam pengenalan ini meliputi: Konsep Dasar Simulasi Rangkaian Listrik: Penjelasan tentang mengapa simulasi digunakan dalam rangkaian listrik, manfaatnya, dan bagaimana simulasi dapat membantu dalam perancangan, analisis, dan pengujian sistem listrik sebelum implementasi fisik. Pengenalan Terhadap Perangkat Lunak Simurelay: Gambaran umum tentang apa itu Simurelay, fitur-fitur utama yang dimilikinya, dan lingkup kemampuan simulasi yang ditawarkannya. Pemodelan Rangkaian Listrik: Bagaimana rangkaian listrik direpresentasikan dalam perangkat lunak Simurelay, termasuk cara menambahkan komponen listrik seperti resistor, kapasitor, induktor, sumber tegangan, dan sumber arus.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana menggunakan perangkat lunak Simurely secara efektif dalam konteks perancangan dan analisis sistem listrik modern. Kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Rangkaian Listrik di Prodi Teknik Elektro. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, maupun SDG 17 ‘Partnership for The Goal’.

Foto Peserta Kuliah Tamu