Selasa (28/5/2024), Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan topik “Problem-based Learning vs Project-based Learning”. Dalam kesempatan ini dihadirkan akademisi dari Universitas Negeri Padang (Dr. Elfi Tasrif, M.T.). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Auditorium DTEI Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) dan Pendidikan Teknik Elektro (PTE).
Dalam presentasinya pemateri menyampaikan bahwa Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL) adalah dua pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengalaman belajar aktif dan kolaboratif, tetapi mereka memiliki perbedaan dalam pendekatan, penekanan, dan tujuan akhir dari pembelajaran. PjBL menempatkan penekanan pada siswa untuk bekerja pada proyek-proyek yang berorientasi pada produk akhir yang konkret. Sedangkan, PBL menempatkan penekanan pada pemecahan masalah yang didasarkan pada studi kasus atau skenario tertentu yang kompleks. Kedua pendekatan ini dapat sangat bermanfaat dalam konteks pendidikan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan dan karier di dunia nyata, dengan fokus yang berbeda sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan peserta terkait perbedaan antara Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL). Kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, maupun SDG 17 ‘Partnership for The Goal’.