Oleh: Tim KKN Membangun Desa Universitas Negeri Malang Desa Mulyoarjo Tahun 2024
Mulyoarjo – Pada era teknologi yang semakin maju, pengetahuan tentang dasar-dasar teknologi sangat penting diperkenalkan sejak dini, termasuk kepada siswa sekolah dasar. Menyadari hal ini, Tim KKN Membangun Desa Universitas Negeri Malang, yang terdiri dari mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI), mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk “Dasar-Dasar Teknologi Robotika” di SDN 2 Mulyoarjo. Acara sosialisasi dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 22 hingga 23 Oktober 2024, di ruang kelas SDN 2 Mulyoarjo. Sekitar 20 siswa dari kelas 4 dan 5 hadir dengan penuh antusias untuk mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Koordinator Desa (Kordes) Tim KKN secara santai. Koordes menyapa anak-anak yang berada di dalam kelas dan memperkenalkan diri dengan hangat. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tujuan utama dari sosialisasi ini, yaitu memberikan pemahaman dasar tentang teknologi robotika yang sedang berkembang pesat. Kepala Sekolah SDN 2 Mulyoarjo turut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Tim KKN atas inisiatif ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan mengenal dunia teknologi yang terus berkembang. Dukungan dari pihak sekolah terhadap kegiatan ini menegaskan pentingnya pendidikan berbasis teknologi untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa depan.
Kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 9 (Inovasi dan Infrastruktur). Melalui pendidikan teknologi yang inklusif, siswa diperkenalkan pada pengetahuan dasar yang relevan dengan kebutuhan masa depan, sehingga membuka peluang yang lebih baik untuk tumbuh dan berkembang di era digital. Selain itu, kegiatan ini turut mendukung SDG 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) dengan adanya kolaborasi antara universitas dan masyarakat desa dalam memajukan pendidikan.
Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi pengenalan robot secara sederhana yang disampaikan oleh Tim KKN. Para siswa diperkenalkan pada konsep-konsep dasar robotika, seperti komponen-komponen yang ada pada robot, mulai dari sensor, motor, hingga pengendali. Tim KKN menyajikan materi secara sederhana dan interaktif, dengan alat peraga robot sederhana yang memungkinkan para siswa untuk langsung melihat dan berinteraksi dengan teknologi robotika. Penyampaian materi dibuat seatraktif mungkin agar mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga dapat merasakan langsung bagaimana teknologi robotika bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
Usai sesi materi, dilanjutkan dengan lomba simulasi robot, di mana para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengoperasikan robot sederhana. Lomba ini dirancang untuk menumbuhkan kreativitas, kerja sama, dan pemahaman teknis dasar pada siswa. Para siswa terlihat sangat antusias dan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tantangan dalam lomba. Kelompok yang berhasil memenangkan lomba menerima hadiah yang telah disiapkan oleh Tim KKN sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kreativitas mereka.
Setelah pemberian hadiah, kegiatan ditutup dengan sesi membuat konten bersama para siswa SDN 2 Mulyoarjo. Dokumentasi dalam bentuk konten TikTok ini diharapkan dapat menjadi kenang-kenangan sekaligus inspirasi bagi siswa untuk terus mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan memanfaatkan platform media sosial yang populer di kalangan anak-anak, diharapkan mereka dapat membagikan pengalaman positif ini kepada teman-teman mereka, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan teknologi di kalangan generasi muda.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan minat dan pengetahuan siswa mengenai teknologi dan robotika. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya mengenal teknologi sebagai sesuatu yang jauh dari kehidupan mereka, tetapi justru sebagai bagian dari ilmu yang menarik dan bermanfaat. Program ini menjadi langkah awal yang penting dalam memperkenalkan teknologi modern kepada generasi muda, sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai kemungkinan karir di bidang sains dan teknologi di masa mendatang, mendukung tercapainya tujuan SDGs melalui pemberdayaan pendidikan dan kolaborasi komunitas.