Sabtu, 17 Mei 2025 – Telah dilaksanakan kegiatan Workshop dalam rangka DTEI Day 2025 dengan tema “Code Your World: Kreativitas dan Logika dalam Game Interaktif”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika (HMD TEI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dan bertempat di gedung B12 ruang 204 Departemen Elektro dan Informatika UM, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.
Workshop ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan dasar kepada mahasiswa dalam bidang pengembangan game interaktif, dengan menekankan pentingnya kreativitas dan logika dalam proses pembuatannya. Kegiatan ini diisi oleh Muhammad Ali Zulfikar dan Wahyu K. Wildan, yang merupakan praktisi dalam bidang pengembangan game dan teknologi interaktif. Melalui kegiatan ini, peserta diajak untuk lebih memahami dasar-dasar pengembangan permainan digital, berpikir algoritmik, serta meningkatkan kerja sama tim dalam menyelesaikan tantangan logika secara kreatif. Kegiatan ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya SDG 4 tentang Pendidikan Berkualitas, karena memberikan akses pembelajaran inovatif berbasis teknologi kepada mahasiswa; SDG 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dengan mendorong peningkatan keterampilan digital yang relevan dengan kebutuhan industri kreatif dan teknologi; serta SDG 9 tentang Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, melalui penguatan kapasitas inovatif generasi muda dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan adanya workshop ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan solusi kreatif dan berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital.Kegiatan pembukaan oleh MC, dilanjutkan sambutan dari dosen pendamping. Selanjutnya, MC menyampaikan profil pemateri sebelum masuk ke pemaparan materi utama. Materi disampaikan oleh Muhammad Ali Zulfikar dan Wahyu K. Wildan, yang menjelaskan dasar-dasar pengembangan game serta pentingnya logika dan kreativitas dalam proses pembuatan game interaktif.

Pada sesi materi, pemateri menyampaikan topik-topik yang berkaitan dengan konsep dasar pembuatan game, seperti perencanaan alur permainan, penggunaan logika dalam gameplay, serta pengenalan alat bantu pengembangan game. Peserta diajak memahami tahapan-tahapan penting dalam merancang sebuah game sederhana yang interaktif dan menarik.

Setelah sesi penyampaian materi, peserta mengikuti sesi praktikum. Dalam kegiatan ini, peserta mencoba langsung membuat game berdasarkan materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Praktikum berlangsung secara bertahap dan dipandu oleh pemateri, sehingga peserta dapat memahami alur pengembangan dari awal hingga tahap uji coba.

Menjelang akhir acara, dilaksanakan kuis interaktif sebagai bentuk evaluasi dari materi yang telah diberikan. Kuis ini juga menjadi sarana bagi peserta untuk mengasah kembali pemahaman mereka secara ringan namun bermakna. Suasana berlangsung dengan antusias, dan peserta yang berhasil menjawab dengan baik diberikan doorprize sebagai bentuk apresiasi.



Secara keseluruhan, workshop berjalan dengan lancar, tertib, dan mendapat tanggapan yang positif dari peserta. Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan dan keterampilan peserta dalam bidang game development, tetapi juga menumbuhkan semangat kolaborasi, eksplorasi ide, dan rasa percaya diri dalam menciptakan karya digital mereka sendiri. Diharapkan workshop ini menjadi awal yang baik bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan potensi di bidang teknologi kreatif.