Select Page

Rabu (3/4/2024), Prodi Teknik Elektro dan Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan topik “Visualisasi Data Menggunakan Perograman Python”. Dalam kesempatan ini dihadirkan praktisi dari IBLu Academy (Biggie Noviandi, S.Si.). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Laboratorium Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Elektro dan Informatika Angkatan 2022 dan Angkatan 2023.

Paparan materi dari Bapak Biggie Noviandi, S.Si.

Dalam presentasinya pemateri menyampaikan bahwa visualisasi data menggunakan pemrograman Python dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai library yang kuat dan populer seperti Matplotlib, Seaborn, Plotly, dan Pandas (yang memiliki dukungan bawaan untuk visualisasi data). Dengan menggunakan Python untuk visualisasi data, kita memiliki fleksibilitas dan kontrol penuh atas tampilan grafis Anda, serta kemampuan untuk membuat visualisasi yang interaktif dan mengesankan untuk berbagai jenis data dan keperluan analisis.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana menggunakan pemrograman pyhton untuk memvisualisasi data. Kegiatan ini tentunya dapat menunjang analisis data bagi mahasiswaa S3 TEI yang sedang menyelesaikan disertasinya. Kegiatan ini juga sebagai wujud kerjasama Prodi dengan Praktisi yang dikemas dalam program co-teaching pada matakuliah Pendukung Disertasi dan Seminar Hasil di Prodi Teknik Elektro dan Informatika. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructures’, maupun SDG 17 ‘Partnership for The Goal’.