Select Page

Selasa (2/4/2024), Prodi Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan topik “Teknologi Internet of Things”. Dalam kesempatan ini dihadirkan dosen dari Universiti Kanjuruhan Malang (Syahminan, S.Kom., M.Kom.). Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Prodi Teknik Informatika UM dan Prodi Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang, yang dikemas dalam program co-teaching. Kegiatan dilaksanakan secara luring di Gedung B12 Ruang 201 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika yang sedang menempuh matakuliah Internet of Things. 

Paparan Materi dari Syahminan, S.Kom., M.Kom.

Dalam presentasinya, Syahminan, S.Kom., M.Kom. menyampaikan bahwa Internet of Things (IoT) merupakan konsep di mana objek fisik, seperti perangkat, kendaraan, atau bahkan bangunan, dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan dan bertukar data. Teknologi ini memungkinkan objek-objek tersebut terhubung dan berkomunikasi dengan satu sama lain melalui internet tanpa perlu interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Teknologi Internet of Things terus berkembang dan menjadi semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai aspek industri, mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia fisik di sekitar kita.

Kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Internet of Things. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’.

Suasana Peserta Kuliah Tamu
Foto Bersama Peserta