Select Page

Kamis (20/7/2023) Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa DTEI (HMDTEI) mengadakan Workshop Penulisan Artikel sebagai rangkaian kegiatan International Conference On Electrical, Electronics And Information Engineering (ICEEIE) 2023. ICEEIE sendiri merupakan konferensi internasional yang rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh DTEI. Workshop diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar Universitas Negeri Malang (UM) berjumlah 30 orang. Sebagai luaran dari kegiatan ini nantinya para peserta diwajibkan mengumpulkan produk akhir workshop berupa artikel ilmiah yang siap submit di ICEEIE.

Workshop yang diselenggarakan di Aula Fakultas Teknik Gedung B11 Lantai 4 ini merupakan salah satu wujud upaya DTEI beserta panitia untuk melatih dan memastikan kualitas penulisan para submitter paper ICEEIE tahun ini agar sesuai dengan standar konferensi IEEE dan memberikan informasi terkait prosedur publikasi artikel di ICEEIE 2023.

Workshop dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama fokus pada teknik penulisan dan sesi kedua fokus pada layouting artikel. Bapak Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D selaku Ketua Technical Program Commite (TPC) ICEEIE 2023 ditunjuk sebagai narasumber dalam workshop ini. Dalam pemaparan materinya, beliau memberikan tips memilih konferensi, penulisan judul, dan konten artikel yang benar sesuai dengan standar IEEE. “Judul artikel harus ditulis secara spesifik, ringkas, deskriptif, dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu seperti new atau novel,” tuturnya. Beliau juga menyampaikan bahwa IEEE memiliki kebijakan yang ketat terkait publikasi ganda sebuah artikel yang artinya penulis hanya boleh mengirimkan karya asli yang belum pernah muncul di tempat lain untuk publikasi, atau sedang ditinjau untuk publikasi rujukan lainnya. Jadi sangat penting bagi para author untuk benar-benar memastikan originalitas tulisannya.

Afnan Habibi, Ketua ICEEIE 2023 saat sambutan pembukaan kegiatan menambahkan bahwa IEEE memiliki prosedur yang sangat ketat dalam menyaring kualitas artikel. “Salah satu artikel saja ke- reject oleh IEEE maka akan berdampak buruk bagi artikel-artikel lainnya,” imbuhnya.

Setelah mengikuti workshop, diharapkan seluruh peserta dapat menulis dan memperbaiki artikel dengan lebih baik dengan menerapkan tips dan trik penulisan artikel sesuai standar IEEE.