Select Page

Senin (02/10/2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang (DTEI UM) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan topik “Emerging Technology on Information System”. Dalam kesempatan ini, DTEI menghadirkan dosen tamu dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undhiksa) selaku pembicara yaitu I Made Dendi Maysanjaya, S.Pd., M.Eng. Bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu kali ini adalah Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Infomatika DTEI, Azhar Ahmad Smaradigna, S.Pd., M.Pd.

Dalam kesempatan ini, Bapak Made Dendi memaparkan tentang beberapa trend teknologi informasi mulai dari Artificial Intelligence (AI) & Machine Learning, Otomatisasi Proses Robotik (RPA), Hybrid Cloud, Edge Computing, LMS Berbasis Cloud, Komputasi Kuantum, Teknologi 5G, Keamanan siber, Internet of Thing (IoT), Realitas Virtual dan Realitas Tertambah dan sebagainya. Teknologi, selain dapat memudahkan beragam kegiatan manusia, tidak dapat dipungkiri juga menumbuhkan ancaman tersendiri mulai dari tingkat keamanan data pribadi dan lainnya. Perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan oleh institusi maupun lembaga pendidikan tinggi tak terkecuali perguruan tinggi. Apalagi perguruan tinggi juga menjadi pusat inovasi untuk perubahan-perubahan melalui teknologi.

Kegiatan ini dilakukan secara luring di Ruang A20.407 Gedung Kuliah Bersama UM, dengan peserta diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2022 yang sedang memprogram matakuliah Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk membekali mahasiswa tentang teknologi baru yang sedang tren di bidang Sistem Informasi, sebagai gambaran mahasiswa untuk melihat perkembangan teknologi sistem informasi yang dapat dimanfaatkan dalam mambantu menyelesaikan pekerjaan manusia di kehidapan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’ maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’, dan juga meningkatkan suasana akademik. 

Setelah sesi pemaparan oleh pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kuliah tamu. Mahasiswa diberikan kesempatan bertanya kepada pemateri yang dipandu oleh moderator. Kegiatan kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri dan peserta.