Select Page

Senin (02/10/2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang (DTEI UM) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan topik “Research Project with Thailand and Data Science in Education”. Dalam kesempatan ini, DTEI menghadirkan dosen tamu dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undhiksa) selaku pembicara yaitu I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya, S.Kom., M.Sc. Bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu kali ini adalah Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Informatika DTEI, Dr. Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Dalam kesempatan ini, Bapak Nyoman Saputra menyampaikan tentang pengalaman penelitiannya di bidang data science selama di Thailand yaitu “Object-Based Image Classification of Economic Crops with Machine Learning Method”. 

Kegiatan ini dilakukan secara luring di Ruang A20.404 Gedung Kuliah Bersama UM, dengan peserta diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Infomatika Angkatan 2021 yang sedang memprogram matakuliah pengolahan citra. Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk membekali mahasiswa tentang pentingnya metode data science dalam mengelola data citra satelit. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’ maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’, dan juga meningkatkan suasana akademik. 

Setelah sesi pemaparan oleh pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kuliah tamu. Mahasiswa diberikan kesempatan bertanya kepada pemateri yang dipandu oleh moderator. Kegiatan kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri dan peserta.