Select Page

Rabu, 28 September 2016, Bidang Bakat Minat (Workshop Elektro) Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Line Tracer Design and Contest (LTDC) 2016 di Gedung Sasana Budaya UM. Di tahun ke-7 penyelenggaraan kegiatan ini, LTDC mengusung tema “Futuristic Glowin’ Up The Battle”. LTDC 2016 merupakan sebuah perlombaan adu cepat robot line follower dengan desain robot yang terinspirasi dari karakter teknologi masa depan. Kategori lomba dalam penyelenggaraan LTDC 2016, yaitu Analog SMP/sederajat, Analog SMA/sederajat dan Mikrokontroler yang dapat diikuti oleh pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa se-Indonesia.

Line Tracer Design and Contest 2016

Line Tracer Design and Contest 2016

LTDC 2016 dihadiri oleh jajaran pejabat Departemen, fakultas, universitas, hingga pemerintah kota Malang. Kegiatan ini dibuka secara simbolis oleh Bapak Sutiaji selaku Wakil Walikota Malang. Lomba yang dihelat selama dua hari ini diikuti oleh 156 tim dari berbagai daerah di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa dengan rincian 37 tim analog SMP, 42 tim analog SMA dan 77 tim dari kategori mikrokontroler.

Pembukaan LTDC 2016 Secara Simbolis oleh Bapak Wakil Walikota Malang

Pembukaan LTDC 2016 Secara Simbolis oleh Bapak Wakil Walikota Malang

Mekanisme pertandingan dimulai dengan dua kali babak penyisihan pada hari pertama dan dilanjutkan dengan babak 32 besar, babak 16 besar, babak 8 besar, hingga babak final yang dilakukan pada hari kedua, yaitu Kamis, 29 September 2016. Para dewan juri yang berperan dalam penilaian pertandingan di LTDC 2016 antara lain Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., Denda Dewatama, S.T., M.T., Yunifa Miftachul Arif, S.T., M.T., dan Eka Maulana, S.T., M.Eng.

Dewan Juri Melakukan Penilaian Best Design LTDC 2016

Dewan Juri Melakukan Penilaian Best Design LTDC 2016

Para penonton terdengar menyerukan yel-yel masing-masing untuk mendukung jagoan mereka. Riuh penonton di arena pertandingan terdengar semakin histeris pada saat memasuki babak final LTDC 2016. Para jurnalis berdatangan untuk meliput euphoria perlombaan robot line follower dalam kegiatan LTDC 2016 ini. Pada tahun 2016, kegiatan ini dapat juga ditonton oleh pemirsa yang sedang tidak berada di dalam Sasana Budaya melalui live streaming di website LTDC dan akun facebook Elektro UM.

Melalui berbagai pertimbangan, Ibu Siti Sendari selaku Ketua Juri LTDC 2016 menyampaikan hasil penentuan juara dengan rincian sebagai berikut:

  • Juara I Kategori Analog SMP/sederajat adalah Tim Mecito dari SMPN 1 Surabaya.
  • Juara II Kategori Analog SMP/sederajat adalah Tim Minyak Wangi dari SMPN 1 Surabaya.
  • Juara I Kategori Analog SMA/sederajat adalah Tim SKY4_Y dari SMK YPM 4 Taman Sidoarjo.
  • Juara II Kategori Analog SMA/sederajat adalah Tim SKY4_Z dari SMK YPM 4 Taman Sidoarjo.
  • Juara I Kategori Mikrokontroler adalah Tim PRC-Restu Panda dari Politeknik Negeri Malang.
  • Juara II Kategori Mikrokontroler adalah Tim Panzer Alpha dari Universitas Ahmad Dahlan.
  • Best Design Kategori Analog adalah Tim AKHEN dari MAN 2 Ponorogo.
  • Best Design Kategori Mikrokontroler adalah Tim JR-0T dari Universitas Jember.
Para Juara LTDC 2016

Para Juara LTDC 2016

Nuris Shobah, selaku Ketua Panitia LTDC 2016 menuturkan bahwa ajang bergengsi tingkat Nasional ini harus lebih baik di tahun depan dan dapat memacu semangat berprestasi para pecinta robotika di Indonesia.

Panitia

SELAMAT kepada para Juara Line Tracer Design and Contest (LTDC) 2016!

– SAMPAI JUMPA DI LTDC 2017 –