Select Page

27-29 Oktober 2016, grand final Gemastik 9 digelar di Universitas Indonesia (UI). Sebanyak 119 tim yang berasal dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia bertanding menciptakan karya produk inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada 10 kategori lomba yang meliputi:

  1. Pemrograman,
  2. Pengembangan Aplikasi Permainan,
  3. Pengembangan Perangkat Lunak,
  4. Data Mining,
  5. Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi,
  6. Animasi,
  7. Piranti Cerdas dan Embedded System,
  8. Design User Experience (UX),
  9. Pengembangan Bisnis TIK,
  10. E-Government.

Tiga tim Gemastik Universitas Negeri Malang (UM) yang lolos ke tahap final, antara lain: Alang Animation dari kategori Animasi yang beranggotakan Mulya Indra Madhana (Ketua Tim), Irlina Yunita Mardlotillah dan Mohammad Tamamusirri. Tim Kedua adalah Victory UM dari kategori Embedded System yang beranggotakan Fauzy Satrio Wibowo (Ketua Tim), Febrianto Alqodri dan Nurani Lathifah serta tim ketiga, yaitu tim Tresno dari kategori Pemrograman dengan beranggotakan Alam Asrorul Haq (Ketua Tim), Muhammad Rosyidi dan Farikh Saifuddin.

Tiga Tim Gemastik UM yang Lolos ke Tahap Final Gemastik 9 UI

Tiga Tim Gemastik UM yang Lolos ke Tahap Final Gemastik 9 UI

 

Para Dosen Pembimbing dan Manajemen Tim Gemastik UM

Para Dosen Pembimbing dan Manajemen Tim Gemastik UM

Pembukaan grand final Gemastik 9 dilaksanakan pada hari Kamis (27/10) di Balairung Kampus UI oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. dan Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Didin Wahidin, M.Pd. (Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) beserta perwakilan pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia dan pihak swasta, seperti Telkom Indonesia, Microsoft, Bukalapak, Vitech Advisor, dan BNI. Setelah dilakukan upacara pembukaan Gemastik, kegiatan dilanjutkan dengan technical meeting dan warming up untuk kategori Pemrograman serta Sarasehan dengan Wakil Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan.

Acara Pembukaan Gemastik 9 UI

Acara Pembukaan Gemastik 9 UI

Jum’at, 28 Oktober 2016, tahap final dari 7 kategori (Pengembangan Bisnis TIK, Data Mining, Piranti Cerdas dan Embedded System, Pengembangan Aplikasi Permainan, E-Government, Animasi, dan Keamanan Jaringan) Gemastik 9 dilaksanakan di FASILKOM UI. Pada hari berikutnya, yakni Sabtu, 29 Oktober 2016 dilanjutkan dengan final dari 3 kategori, yaitu Pengembangan Perangkat Lunak, Design User Experience dan Pemrograman. Selain kegiatan perlombaan juga diadakan seminar yang diisi oleh pemateri dari Bukalapak, Samsung R&D Institute Indonesia dan Microsoft.

Pengumuman para juara Gemastik 9 UI dilaksanakan pada malam puncak dengan rincian sebagai berikut:

Winners

Puncak Acara Gemastik 9 UI

Puncak Acara Gemastik 9 UI

 

GEMASTIK dilaksanakan setiap tahun dan merupakan program dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Tetap semangat Tim Gemastik UM! Terus berkarya!

 

Written by Vera Vidiyanti.

Edited by Nela P. Nurani.