Select Page

Malang, 3 April 2017 – Workshop Elektro Bidang Bakat Minat Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro  dan Informatika  telah melaksanakan  kegiatan Workshop PLC. Workshop PLC merupakan agenda tahunan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan serta kemampuan mahasiswa dalam merencanakan, merancang, dan merealisasikan ide-ide kreatif mahasiswa di konsentrasi ilmu PLC. Tidak hanya itu, kegiatan pelatihan PLC untuk Sistem Kendali Automasi Industri juga dimaksudkan untuk membantu mempersiapkan program departemen pada awal semester genap yaitu matakuliah praktik industri. Dan perlu diingat bahwa sebagian besar dari tempat-tempat industri banyak menggunakan pengoperasian listrik secara otomatis, yaitu pengontrolan mesin dengan menggunakan automasi industri PLC.

9

Trainer PLC – Departemen Teknik Elektro dan Informatika FT UM

Sesi pertama dimulai pada hari Sabtu, 1 April 2014. Pada pukul 07.30, para peserta diarahkan munuju gedung G4 lantai 2 yang berada di lab PLC.  Semula para peserta yang berkumpul didepan G4 dan H5 diarahkan melalui pintu samping gedung G4. Sebelum para peserta naik tangga ada absensi dan pembagian snack. Setelah pembagian snack mereka diarahkan menempati tempat duduk masing-masing sesuai kelompok yang telah ditentukan.

13

Absensi peserta, pemateri dan panitia.

1

Semangat peserta dalam mengikuti kegiatan Workshop PLC 2017.

8

Pembukaan Workshop PLC 2017.

Dalam ruangan para peserta mendapatkan materi PLC yang mencangkup materi dasar serta materi lanjut. Pada materi dasar mereka mendapatkan pengenalan PLC, dasar-dasar PLC,  pemanfaatan PLC didunia kerja, gerbang dasar PLC, pengunci,keep, counter, timer, couter difu difd , comparator dan clock.

12

Peserta mencoba pengawatan I/O pada trainer PLC.

7

Penyampaian materi Workshop PLC hari pertama oleh bapak Rochmad Fauzi, S.T.

Pada sesi kedua, hari Minggu tanggal 2 April 2017. Peserta lebih interaktif dengan melaksanakan praktikum secara langsung di trainer PLC dan menyaksikan hasil program mereka yang dapat ditransfer pada PLC.

3

Sesi pembagian kelompok praktikum menggunakan Trainer PLC.

2

Penjelasan Materi hari Kedua oleh Yayan Kristiawan.

4

Penerapan PLC menggunakan Trainer PLC.

Pada akhir acara, ketua pelaksana menutup acara dan melaksanakan sesi foto bersama antara pemateri, peserta dan juga panitia.

6

Sesi penyerahan vandel kepada Pemateri.

11

Sesi foto panitia Workshop PLC 2017.

5

Sesi foto pemateri, peserta dan panitia Workshop PLC 2017.

-SEMOGA SUKSES WORKSHOP PLC 2018-