Select Page

Selasa, 30 Agustus 2016, Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika  (HMJ TE) menyelenggarakan kegiatan pra-workshop PKM  yang dihadiri beberapa mahasiswa yang PKM-nya didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan berkesempatan mengikuti PIMNAS. Pra-workshop PKM ini merupakan Program Kerja Tahunan dari Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika  yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa supaya nantinya ketika membuat PKM tidak bingung lagi dengan sistematikanya. Manfaat yang didapat dari kegiatan ini cukup banyak seperti mengenal tips dan trik untuk lolos PKM dan bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri untuk menuangkan idenya menjadi sebuah PKM yang bagus.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar lebih dari 100 ketua tim PKM Mahasiswa Baru Departemen Teknik Elektro dan Informatika . Pra-workshop PKM dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan mengundang Bapak Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T serta 2 orang pemateri yaitu Sunarsih dan Singgih Adi Kurniawan dari Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika  yang PKM-nya telah didanai dan lolos PIMNAS.

Bapak Hakkun sedang memberikan sambutan.

Bapak Hakkun sedang memberikan sambutan.

Ketua Tim PKM sedang mendengarkan sambutan Bapak Hakkun.

Ketua Tim PKM sedang mendengarkan sambutan Bapak Hakkun.

Perkenalan Mahasiswa Teknik Elektro yang PKM-nya berhasil masuk PIMNAS.

Perkenalan Mahasiswa Teknik Elektro yang PKM-nya berhasil masuk PIMNAS.

Seputar PKM dibahas secara umum di pra-workshop PKM ini. Mulai dari jenis PKM dan tata penulisan PKM. 5 jenis PKM diantaranya PKM-KC, PKM-M, PKM-K, PKM-P, PKM-T dipresentasikan dengan apik oleh Sunarsih dan Singgih. Antusiasme mahasiswa para ketua PKM terlihat jelas ketika dibuka sesi pertanyaan. Sedikitnya ada 3 buah pertanyaan yang berhasil dijawab dengan baik oleh para mahasiswa yang telah didanai PKM-nya oleh DIKTI dan berhasil masuk PIMNAS.

Setelah berlangsung sekitar dua jam, pra-workshop PKM akhirnya selesai. Kegiatan ini bisa dibilang cukup sukses menarik peratian Mahasiswa Baru yang akan membuat PKM. Berikut adalah testimoni para Mahasiswa Baru tentang pra-workshop PKM:

“Informasinya jelas, materi yang disajikan cukup memberi wawasan. Tetapi untuk waktunya kurang tepat saja”.  Rega Fratama, S1 PTI 2016.

“Workshopnya bagus, sangat membantu untuk pengetahuan tentang PKM kedepannya. Dan bisa membangkitkan motivasi lagi karena banyak cerita dari kakak-kakak yang telah lolos PIMNAS. Yang saya pegang dari pra-workshop ini adalah kata-kata ‘Usaha tidak akan menghianati hasil'”.   Putri Ayu Anggraeni, S1 PTI 2016.

Acara ini akan berlanjut pada tanggal 9 September 2016 di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang dengan judul acara Workshop PKM.

Sesi foto bersama panitia dan mahasiswa yang lolos PIMNAS.

Sesi foto bersama panitia dan mahasiswa yang lolos PIMNAS.