Select Page

Kamis, 1 September 2016, Departemen Teknik Elektro dan Informatika  FT UM bekerja sama dengan PT. Chint Indonesia mengadakan instalasi panel surya (solar panel) di Gedung G4 lantai 3. Persiapan alat dan pemasangan kuda-kuda dilakukan sejak sehari sebelum kegiatan instalasi panel surya (Rabu, 31 Agustus 2016).

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dengan partisipan sebanyak 18 mahasiswa departemen Teknik Elektro dan Informatika  FT UM dan tiga orang perwakilan dari PT. Chint Indonesia, yaitu David Felani (manajer marketing), Jimmy (distributor di area Surabaya) dan Zainuri (engineer). Sebanyak 12 panel surya dipasang bersama mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut dengan arahan dari pihak PT. Chint Indonesia.

DSCF7397

DSCF7395

Suasana Pemasangan Panel Surya dengan Arahan dari Bapak Jimmy

 DSCF7412Pengarahan oleh Bapak David

 DSCF7496Cabling oleh Bapak Zainuri

Di dalam kegiatan ini, selain turut serta dalam proses pengerjaan, mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai panel surya, mulai dari perakitan hingga perawatan untuk ke depannya. Dari instalasi panel surya ini diperkirakan daya yang dapat diserap dalam kondisi normal mencapai 12 kWH per hari.

DSCF7417_Moment

DSCF7457Suasana Diskusi Bersama PT. Chint Indonesia

 Jum’at, 2 September 2016, bertempat di gedung G4 Ruang Workshop Elektro (G4.111) diadakan training mengenai “Solar Panel” dengan pemateri dari PT. Chint Indonesia, yaitu Bapak David Felani. Training yang menjelaskan tentang komponen-komponen yang terdapat di dalam sistem kendali panel surya ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa (khususnya prodi D3 Elektronika) dan beberapa dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika  FT UM.

DSCF7566Suasana Training Panel Surya

 DSCF7621Antusiasme Peserta Training

Untuk memahami lebih lanjut mengenai panel surya, para peserta training diarahkan menuju lantai 3 gedung G4, tempat di mana panel surya dipasang.

DSCF7599Mengenal Panel Surya Lebih Dekat

 DSCF7605Penjelasan oleh Bapak Jimmy

 DSCF7548Panel Surya di Gedung G4 Lantai 3

UM merupakan universitas pertama yang bekerja sama dengan PT. Chint Indonesia untuk proyek instalasi panel surya. Bapak David Felani mewakili PT. Chint Indonesia menuturkan sangat senang melihat antusiasme para mahasiswa yang mau belajar lebih banyak mengenai energi alternatif ini. Dari kegiatan instalasi ini, panel surya yang telah terpasang diharapkan dapat menjadi sarana edukasi mahasiswa dan energi alternatif bagi Departemen

TE UM.

DSCF7609

DSCF7682