Select Page

Selasa, 6 September 2016, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) UM mengadakan kegiatan Study Excursie Study Comparative (SESC) 2016 yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJ TE) sebagai pelaksana kegiatan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan S1 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro UM ini merupakan kegiatan kunjungan ke industri dan universitas. Pada SESC 2016 gelombang pertama, tempat tujuan kunjungan ialah PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Surabaya, JTV dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Apel Keberangkatan SESC 2016

Apel Keberangkatan SESC 2016

 

Bertempat di lapangan parkir Graha Cakrawala UM pada pukul 06.00 WIB, seluruh panitia dan peserta SESC 2016 berkumpul untuk melaksanakan apel keberangkatan yang dipimpin oleh Jefri selaku Ketua Pelaksana SESC 2016 dari HMJ TE dan dibuka secara resmi oleh Bapak Hakkun (Ketua Jurusan TE UM). Setelah melaksanakan apel, para peserta diarahkan menuju ke bus sesuai dengan tujuan masing-masing (BEI atau JTV) yang di dalam setiap bus didampingi oleh seorang dosen.

DSCF7845

Sambutan oleh Bapak Hakkun (Ketua Jurusan TE)

 

DSCF7854

Keceriaan Para Peserta SESC Menanti Keberangkatan

 

Pukul 10.00 WIB, para peserta SESC 2016 tiba di BEI Kantor Perwakilan Surabaya. Kedatangan kami disambut dengan suasana ruangan yang memanjakan mata. Di hampir semua sisi ruangan terdapat informasi mengenai BEI, mulai dari sejarah hingga perkembangan terkini BEI yang ditata secara menarik hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta SESC 2016.

DSCF7870

Suasana Kedatangan Peserta di BEI Kantor Perwakilan Surabaya

 

DSCF7944

Antusiasme Peserta Untuk Mengenal BEI Lebih Lanjut

 

Setelah puas berkeliling ruangan, para peserta diarahkan menuju ke Ruang Saham PT. Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Surabaya untuk menerima wawasan baru mengenai “Investasi di Pasar Modal Indonesia”. Bapak Asiqin Azhar selaku pemateri mampu memotivasi peserta dan membawa suasana menjadi sangat menyenangkan. Hal ini terlihat dari antusias peserta di setiap sesi tanya-jawab yang dibuka oleh Bapak Asiqin.

DSCF7878

Suasana di Ruang Saham PT. BEI Kantor Perwakilan Surabaya

 

DSCF7897

Penyampaian Materi Mengenai Investasi di Pasar Modal Indonesia oleh Bapak Asiqin Azhar

 

DSCF7902

Antusiasme Peserta di Sesi Tanya-Jawab

 

Keadaan tidak jauh berbeda dengan peserta SESC 2016 yang berkunjung ke JTV. Para peserta mendapatkan wawasan mengenai seluk-beluk JTV hingga melihat proses produksi secara langsung di salah satu program TV unggulan JTV, yaitu Stasiun Dangdut.

IMG-20160911-WA0005

Penyampaian Materi oleh Crew JTV

 

IMG-20160911-WA0008

Peserta SESC 2016 Melihat Proses Produksi ”Stasiun Dangsut” Secara Langsung

Kegiatan diskusi berakhir sekitar pukul 11.45 WIB. Sebagai penutup dari diskusi ini, kami memberikan kenang-kenangan kepada PT. Bursa Efek Indonesia maupun JTV.

DSCF7938

Pemberian Kenang-kenangan Kepada PT. BEI Surabaya

 

IMG-20160911-WA0007

Pemberian Kenang-kenangan Kepada JTV

 

DSCF7954

Sesi Foto Bersama di Depan Kantor BEI Surabaya

 

IMG-20160911-WA0013

Sesi Foto Bersama di JTV

 

Perjalanan dilanjutkan menuju Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Peserta SESC 2016 dipandu menuju ke Ruang Auditorium lantai 6 yang bertempat di Gedung Pascasarjana PENS. Ibu Andri selaku Humas PENS menyambut kedatangan kami sekaligus menjelaskan berbagai hal tentang PENS, mulai dari profil (departemen yang dimiliki PENS), seleksi penerimaan mahasiswa baru, kegiatan pengenalan kampus atau yang disebut IPMB, kegiatan akademik maupun non akademik, hingga sistem informasi unik yang dimiliki PENS, salah satunya ialah smart card. Smart card merupakan kartu mahasiswa yang dalam kesehariannya juga digunakan sebagai alat presensi dari mahasiswa tersebut. Berkolaborasi dengan teknologi yang canggih, smart card tersebut mampu mengidentifikasi bahwa mahasiswa yang bersangkutan menghadiri kegiatan perkuliahan.

DSCF8021

Suasana di Ruang Auditorium lt.6 Gedung Pascasarjana PENS

DSCF8015  

Agenda berikutnya ialah mengunjungi laboratorium di beberapa departemen yang dimiliki oleh PENS. Peserta dibagi menjadi enam kelompok dan masing-masing kelompok dipandu oleh mahasiswa PENS dari departemen yang berbeda-beda. Namun, sebelum beranjak ke agenda terakhir ini, kami terdapat sesi pemberian kenang-kenangan baik dari kami maupun dari PENS.

DSCF8044

Mahasiswa Pendamping ke Laboratorium PENS

 

DSCF8042

Pemberian Kenang-kenangan kepada PENS

 

DSCF8039

Pemberian Kenang-kenangan oleh PENS

 

Antusiasme peserta SESC 2016 kembali terlihat ketika berdiskusi dengan para mahasiswa PENS. Hal-hal menarik dan keramahan para mahasiswa PENS yang terkenal dengan tag line JOSS (Jujur, Orisinil, Semangat, Santun) ini membuat suasana diskusi berlangsung cukup lama dan menimbulkan keakraban satu sama lain.

DSCF8072

DSCF8084

Suasana Diskusi Mahasiswa UM dengan Mahasiswa PENS

 

DSCF8105

Sesi Foto Bersama di Salah Satu Laboratorium TEKKOM PENS

 

Kunjungan kami ke PENS berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. Dengan diadakannya kegiatan SESC 2016 ini diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan semangat para mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita mereka.

 

DSCF8122

Sesi Foto Bersama Humas PENS (Ibu Andri) dengan Dosen Pendamping SESC UM 2016

 

IMG-20160911-WA0014

Sesi Foto Bersama Peserta SESC 2016