Select Page

Malang – Rabu 18 Oktober 2017 ini, Universitas Negeri Malang (UM) tepat berusia 63 Tahun. Upacara  Dies Natalis yang digelar di Graha Cakrawala tahun ini mengangkat tema berkarya untuk bangsa. Tema ini diangkat sebagai ikhtiar membangun atmosfer kondusif sekaligus kesadaran kolektif di kalangan sivitas akademika UM untuk berkarya dan berprestasi secara produktif dan inovatif sebagai wujud kerja bersama dalam meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.

Pada pidatonya, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., menyampaikan bahwa Perjalanan UM dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi telah banyak menghasilkan kemajuan dan capaian yang membanggakan yang meliputi kemajuan dan prestasi baik dalam bidang akademik, tatakelola, kemahasiswaan, sumberdaya akademik, dan kerjasama.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan prestasi dan peringkat UM yang lebih baik, akan dikembangkan beberapa upaya yaitu: (1) UM akan meningkatkan mutu lulusan melalui peningkatan kualitas proses pengajaran dengan rasio dosen mahasiswa dan jumlah bimbingan yang proporsional dan anti plagiasi. UM bekerja keras untuk berkontribusi terhadap pembangunan bangsa, karena Alumni UM sebagai pendidik sudah tersebar di seluruh Indonesia. (2) UM bertekad menjadi kampus yang Multi Culture yang menjunjung tinggi kebhinekaan dan menjaga empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Tekad ini salah satunya diwujudkan oleh UM dengan mendirikan laboratorium Pancasila sejak tahun 1967. (3) UM akan terus meningkatkan Jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mempunyai dampak terhadap kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. (4) UM bertekad memenuhi kuota pemberian bidikmisi dan UKT bagi mahasiswa kurang mampu. Dengan demikian, UM akan  mempertahankan jati dirinya sebagai kampus Ramah Sosial.

Pada kegiatan Dies ini menghadirkan Ketua Deputi Bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, sebagai pengisi Orasi Ilmiah. Selain itu dihadirkan pula salah satu alumni sukses UM, Lintang Pandu Pratiwi, yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai satu dari 72 Ikon Prestasi Indonesia dari Presiden melalui Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila untuk memberikan testimoni dan motivasi. Pada rangkaian acara Dies Natalis tersebut, Rektor juga memberika ucapan selamat dan pemberian penghargaan kepada Profesor dan Doktor Baru UM.

Usai acara di Graha Cakrawala, kegiatan dilanjutkan dengan Peresmian Graha Rektorat oleh Rektor. Pada saat yang sama juga diadakan pameran akademik yang berlokasi di lantai satu Graha Rektorat yang menampilkan produk-produk akademik dari setiap fakultas, lembaga dan unit di lingkungan UM. Sebagai acara puncak perayaan yang telah di launching pada 17 Agustus 2017 lalu ini, Dies Natalis UM dimeriahkan pula oleh penampilan kreasi mahasiswa yang juga ditampilkan sebagai pengisi baik tari maupun musik.

Galeri Dies Natalis ke-63 UM

Humas UM

 

Sumber : http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/10/dies-natalis-ke-63-universitas-negeri-malang