Select Page

Malang-Kini Universitas Negeri Malang (UM) memiliki Gedung Graha Rektorat baru. Gedung yang berlokasi di Jalan Semarang, dan memiliki 9 lantai dan 1 lantai dasar ini telah diresmikan oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, Rabu, 18 Oktober 2017.

Peresmian ditandai dengan dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Rektor UM. Setelah itu, sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor UM, yang diberikan kepada Rektor UM periode sebelumnya, Prof. Dr. Suparno.

Prosesi peresmian Graha Rektorat diawali dengan kirab parade pejabat UM dari Graha Cakrawala UM menuju Graha Rektorat. Rektor UM, didampingi Prof. Dr. Suparno, Prof. Drs. H.M. Saleh Marzuki, M.Ed, dan Ketua Deputi bidang Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd diarak menggunakan kereta kencana.

Para pembawa bendera panji-panji Universitas Negeri Malang mengawal kirab dengan berada dibarisan terdepan, kemudian diikuti kereta kencana, rombongan tarian dari PTSM Fakultas Sastra UM, Marching Band, Malang Flower Carnival (MFC), serta para sivitas akademika UM.

Gedung Graha Rektorat ini menempati lahan seluas 18.000 m2 dengan ukuran lahan 150 m X 120 m. Lahan ini berbentuk memanjang dari utara ke selatan. Bangunan gedung Graha Rektorat ini menempati 13,34% dari luas total lahan yang tersedia, yaitu 2.400 m2. Sisa lahan seluas 15.600 m2 digunakan untuk bangunan plaza, ruang terbuka hijau (RTH), dan fasilitas parkir terbuka.

Saat ini UM memiliki 32.802 mahasiswa, yang tersebar ke dalam 144 program studi, yang terwadahi dalam 8 fakultas; 1.012 dosen; dan 1.149 tenaga kependidikan. Guna melayani 32.802 mahasiswa tersebut, UM terus berusaha meningkatkan kualitas layanannya kepada mahasiswa khususnya, sivitas akademik umumnya, dan masyarakat secara umum yang memerlukan layanan akademik UM. Untuk kepentingan itu, diperlukan suatu pelayanan yang terintegrasi dan cepat. Untuk mewujudkan harapan itu, diperlukan suatu tempat pelayanan yang mampu menampung seluruh aktivitas pelayanan dalam satu atap.

Pembangunan gedung Graha Rektorat berlangsung selama 7 tahun, mulai tahun 2011 sampai dengan 2017 dengan proses peletakan batu pertama dilakukan oleh Rektor periode 2006-2010 dan 2010-2014, Prof. Dr. Suparno. Dalam pembangunanya, Graha Rektorat terbagi dalam 5 (lima) tahapan yaitu: tahap I dimulai pada tahun 2011 dengan pengerjaan galian tanah, urugan dan pemadatan, pondasi, tahap II di tahun 2013 dengan pengerjaan struktur rangka gedung, tahap III pada tahun 2014 masih dengan pengerjaan struktur struktur rangka gedung sekaligus pembangunan atap lantai 3 dan lantai 9, tahap IV pada  tahun 2015 dilanjutkan dengan pengerjaan finishing arsitektur bangunan, instalasi dan interior, dan pada tahap 5 di tahun 2017 pengerjaan menangani finishing arsitektur, instalasi, interior, dan lanscape bangunan.

Secara filosofi Gedung Graha Rektorat menghadap ke timur, membelakangi Gunung Putri (Jw: sendhen gunung) menggambarkan gedung rektorat bersandar pada gunung, yaitu Gunung Putri. Bersandar pada gunung menggambarkan sebuah kekokohan, keteguhan, dan kesiapan seluruh civitas UM dalam melayani civitas akademiknya dan masyarakat umum yang memerlukan layanannya. Hal itu menggambarkan kekokohan, keteguhan, dan kesiapan UM dalam upaya meraih harapan dan cita-citanya, serta bersaing kualitas dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Gedung Graha Rektorat juga memiliki atap berbentuk joglo berjumlah 3 buah. Hal itu menggambarkan tridarma, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi tugas utama UM sebagai perguruan tinggi. Di dekat pintu masuk utama di sisi timur gedung, terdapat dua tangga yang saling menyilang arahnya. Hal itu menggambarkan terjadinya interelasi antarkomponen sivitas akademik UM dalam bekerja. Hal itu juga menggambarkan hubungan yang harmonis dan selaras antar bagian dalam mewujudkan visi UM.

Acara yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB tersebut juga dihadiri para undangan dari pemerintah Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, serta undangan dari mitra kerja UM.

Galeri Peresmian Graha Rektorat UM

Humas UM

 

Sumber : http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/10/peresmian-graha-rektorat-universitas-negeri-malang-um