Select Page

Dalam rangka memperluas relasi Departemen Teknik Elektro dan Informatika  Universitas Negeri Malang (TE UM) dengan pihak luar kampus, pada 15-18 Juli 2019 Departemen TE dan Informatika UM diwakili oleh Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom. melakukan kolaborasi dengan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada (PSSAT UGM) di Gedung Pasca Sarjana UGM. Kolaborasi ini berupa kerjasama penelitian dalam skema konsorsium yang tergabung dalam Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Distruptive Learning (PUI PT DLI) UM. Skema penelitian konsorsium Perguruan tinggi merupakan kerjasama penelitian antara Universitas (Akademik), Bisnis (perusahaan) dan Goverment (Pemerintah).

foto-irawan-dwi-wahyono

Gambar 1. Dosen TEUM diwakili oleh Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom. dengan Pengurus PSSAT UGM

Sumber pendanaan untuk penelitian yang akan dikolaborasi berasal dari Insinas Kemenristek dan Rispro LPDP Kemenkeu. Terdapat tiga bidang dalam penelitian ini yaitu Ubiquitous, Game Teknologi, dan Internet of Thing. Dosen TE UM yang melakukan kerjasama penelitian ini adalah Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T untuk bidang Ubiquitous, Haritz Al Rosyid, S.T., M.T, Ph.D. untuk bidang Game Teknologi dan Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom. untuk Internet of Things.

Selain kerjasama penelitian, Dosen TE UM dan PSSAT UGM juga menjalin kerjasama publikasi penelitian. PSSAT UGM bergerak khusus dibidang penelitian dimulai dari tahun 1984 dengan berbagai skema pendanaan baik luar negeri maupun dalam negeri dengan kerjasama peneliti asing yang memiliki H-index scopus minimal 25. Diharapkan dari hasil kerjasama ini dapat meningkatkan publikasi UM dibidang saintek dan produk saintek dimana PUI PT DLI UM sebagai pusat DLI Indonesia yang ditetapkan Kemenristek Dikti pada tahun 2019.

penyerahan-simbolis-UGM-dengan-dosen-te-um-irawan-dwi-w

Gambar 2. Penyerahan simbolis Jurnal PSSAT UGM ke Dosen TEUM