Select Page

BLL ( Baking Lovers Lawang) salah satu perkumpulan/komunitas industri rumah tangga yang ada di Lawang memproduksi berbagai produk, produk yang diproduksi antara lain berbagai macam kue kering, sambal pecel, Sambal, Kopi, dan sabun pencuci piring. Komunitas ini memiliki anggota lebih dari 200 orang. Produk produk ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Permintaan produk-produk tersebut juga mengalami peningkatan. Hanya saja produk-produk tersebut hanya bisa dipasarkan di sekitaran lawang saja karena terkendala masalah perizinan dan cara pemasaran melalui teknologi informasi seperti media sosial ataupun website Berdasarkan masalah yang dihadapi ini Tim dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (UM) hadir membantu khususnya yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat. Tim yang dibentuk ini memberikan bimbingan dan pelatihan untuk mendapatkan perizinan untuk usaha mikro seperti member dari BLL.

Gambar pengabdian dosen Universita Negeri Malang

jito artikel 2

Gambar Pengabdian Dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang

Bimbingan dan pelatihan yang dilaksanakan meliputi Pendaftaran HKI, P-IRT dan Sertifikasi Halal. Pendaftaran HKI (Hak Kekayaan Intelektual) Digunakan untuk mendaftarkan nama atau merk dagang agar tidak dieksploitasi oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Pendaftaran P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) pada tahap ini anggota dari BLL di bimbing dan dilatih untuk mendatarkan produk-produk mereka agar memiliki nomor izin layak edar, Selanjutnya setelah mendapatkan nomor P-IRT member dari BLL diarahkan untuk melakukan sertifikasi halal.

Dari hasil Bimbingan dan pelatihan yang dilakukan tim dosen dalam rangka pengabdian masyarakat ini telah diperoleh 60 merk dari 80 merk yang mendaftar ke HKI, dan 58 anggota sudah mendapatkan nomor P-IRT dari 60 anggota yang mendaftar P-IRT dan sertifikat halal sejumlah 7 anggota dari 40 orang yang mendaftar sertifikasi halal. Tim pengabdian kepada masyarakat ini beranggotakan 4 orang dosen dan 3 mahasiswa, antara lain M. Rodhi Faiz, ST., M.T. selaku ketua tim, Sujito, S.T., M.T., Ph.D. , I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. dan Drs. Hari Putranto, M.pd. sebagai anggota sedangkan mahasiswa diantaranya Abdulah Iskandar Syah, Danny Mayrawan, Fadhilah Syahdu Y.K. Ikka Hindun Dewi Zulaikha selaku ketua dari Baking Lover Lawang mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan dan pembimbingan pemanfaatan teknologi informasi dan pemasaran ini sangat bermanfaat bagi kami para pelaku usaha mikro. Produk produk yang kami produksi bisa mendapatkan surat legalitas dari pemerintah, dan kami mengharapkan mendapatkan konsumen yang lebih luas lagi, imbuhnya.

Gambar pengabdian dosen Universita Negeri Malang

Gambar Hasil Produk Baking Lovers Lawang