Select Page

Kamis (9/03/2023), Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM) bersama departemen-departemen di lingkungan FT, termasuk Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI) mengadakan kegiatan International Lecturer Mobility dengan menghadirkan akademisi dari University of Leeds, United Kingdom. Kegiatan dilaksanakan secara offline di Ruang Seminar Gedung Kuliah Bersama, A20 lantai 2, yang diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Teknik UM dan University of Leeds, termasuk didalamnya ada penandatangan implementation of agreement antara Ketua Departemen TEI dengan perwakilan dari University of Leeds. Setelah penandatangan Kerjasama dari kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan kegiatan guest lecturer yang mengambil topik “Future Data Science for Sustainability Development In Developing Country”.

Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Assoc. Prof. Dr. Miller Alonso Camargo-Valero (University of Leeds), dengan peserta perwakilan mahasiswa dan dosen dari keempat departemen yang ada di lingkungan fakultas teknik. Pada kesempatan ini, Assoc. Prof. Dr. Miller memaparkan tentang pentingnya data science untuk pembangunan berkelanjutan di negara berkembang. Beliau menyampaikan bahwa data science mempunyai potensi untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang, dengan mendukung penciptaan lapangan kerja berkualitas baik dan meningkatkan inklusi keuangan.

Paparan materi dari Assoc. Prof. Dr. Miller Alonso

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan peserta  terkait pemanfaatan data science dalam menunjang pembangunan berkelanjutan di negara berkembang. Bagi mahasiswa, kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Data Science. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’ maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan sesi foto bersama.

Penyerahan cindera mata
Sesi foto bersama