Select Page

MALANG,17-Juli-2023. Minuman empon empon merupakan minuman Kesehatan yang menggunakan bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping yang buruk bagi tubuh. Mengkonsumsi minuman empon empon dapat di percaya membantu menjaga daya tahan tubuh manusia produk yang di hasilkan dari UMKM Melati losari berupa minuman empon empon instan dengan beragam manfaat

Dalam kunjungan dari Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh I Made Wirawan S.T., M.T. dan beranggotakan Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., Dr.Eng Mokh. Sholihul Hadi, S.T., M.Eng dan Ir. Muhammad Afnan Habibi, S.T., M.T., M.Eng ini melihat dalam pengolahan minuman empon empon masih menggunakan peralatan manual yaitu dengan cara memeras menggunakan kain dalam proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama membuatnya berkurangnya produktivitas dalam proses pengolahan

Dalam upaya meningkatkan efisiensi produksi serta meningkatkan kualitas dan kuantitas minuman empon empon instan, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Negeri Malang berkolaborasi dengan UMKM Melati Losari. Mereka menerapkan terapan teknologi dengan menggunakan mesin pemeras minuman empon empon yang modern dan efisien.

“Dengan menerapkan mesin pemeras, kami berharap dapat mengatasi kendala dalam proses produksi yang selama ini menyebabkan berkurangnya produktivitas,” Penggunaan mesin pemeras akan menggantikan proses manual yang memakan waktu lama, sehingga produksi minuman empon empon dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, mesin pemeras juga akan meningkatkan higienitas produk, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas dan daya tarik produk bagi konsumen.

Sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, tim juga memberikan pelatihan kepada UMKM Melati Losari terkait penggunaan dan perawatan mesin pemeras. Hal ini penting agar UMKM dapat mengoperasikan dan merawat mesin dengan baik, sehingga mesin tersebut dapat digunakan dalam jangka panjang dan memberikan manfaat yang maksimal.

Melalui upaya pengembangan produksi dengan terapan teknologi, diharapkan UMKM Melati Losari dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, termasuk meningkatkan akses masyarakat terhadap minuman empon empon kesehatan yang berkualitas dan bernilai nutrisi tinggi. Dukungan dari berbagai pihak dan kolaborasi dengan institusi pendidikan seperti Universitas Negeri Malang menjadi kunci dalam mencapai tujuan pengembangan UMKM dan kemajuan sektor usaha mikro kecil.

Sumber: Kompasiana