Select Page

Softskill menjadi hal penting yg harus dibekalkan kepada mahasiswa baru di Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI). Softskill sendiri merupakan kemampuan non teknis seseorang yang kaitannya dengan kecerdasan emosional dan sosial, termasuk di dalamnya kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan sebagainya. Dilansir dari Forbes, ada 11 softskill esensial yang utama di Tahun 2023, yaitu komunikasi, kepemimpinan, teamwork, kreatifitas, time management, adaptasi, problem solving, etika kerja, berpikir kritis, manajemen konflik, dan kecerdasan emosional. Mengingat pentingnya bekal softskill untuk mahasiswa baru, maka pada kegiatan POSITRON 2023 dipaparkan materi tentang softskill dengan pembicara Wahyu Nur Hidayat S.Pd., M.Pd pada Rabu (23/8/2023).

Kegiatan yang bertempat di Gedung Sasana Krida UM ini diikuti oleh seluruh Maba DTEI UM 2023 mencakup 4 program studi, yaitu Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Elektro. Dalam pemaparan materinya, pemateri menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa sangatlah berbeda dengan saat menjadi siswa, sebagai mahasiswa maka segala sikap harus sesuai dengan pemikiran orang dewasa dan yang ditekankan adalah tanggung jawab.

“Di kampus, mahasiswa menjadi insan yang otonom, dan di kampus ini kalian seperti belajar berenang. Ketika lulus nanti, kalian di lepas ke lautan luas yang dalam dan ombaknya tidak terukur. Jadi di kampus ini ibarat berenang di kolam renang yang kedalamannya terukur. Sehingga tidak cukup lulus dari kampus hanya dengan nilai atau IPK yang tinggi, karena pengalaman dan softskill lebih diutamakan”, imbuhnya.

Setelah menyimak materi tentang softskill diharapkan maba dapat merubah mindset ketika perkuliahan dan termotivasi untuk mencari pengalaman dan mengasah softskill sebanyak-banyaknya.