Select Page

Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI) bekerjasama dengan Inixindo Surabaya mengadakan pelatihan Chief Information Officer (CIO) sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi dosen. Inixindo sendiri merupakan jasa pelatihan dan sertifikasi IT yang selalu standby untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi dalam menghadapi permasalahan cyber crime, terutama di Indonesia. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari yaitu Selasa sampai Kamis (8-10/8/2023) dan diikuti oleh 3 orang dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika. Pelatihan yang bertempat di Laboratorium Vision dan Sistem Cerdas, Gedung B11 lantai 2. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen, khususnya di bidang Chief Information Officer (CIO).

Pelatihan ini menghadirkan seorang instruktur IT profesional, yaitu Alfian Nur Akhmad dari PT Inixindo Surabaya. Hari pertama pelatihan adalah pemaparan materi tentang Chief Information Officer (CIO), pengembangan strategi manajemen pengetahuan untuk bisnis, pengembangan kerangka kerja intelegensi bisnis, dan penyusunan roadmap arsitektur bisnis. Dilanjutkan hari kedua yaitu pemaparan materi tentang finalisasi arsitektur bisnis, pengelolaan proyek terintegrasi, pengelolaan pengadaan proyek, dan simulasi ujian sertfikasi BNSP.

Fokus hari ketiga yaitu pelaksanaan ujian sertifikasi BNSP, meliputi ujian tulis dan wawancara. Alfian berharap kegiatan pelatihan selama 3 hari dapat benar-benar dapat memberikan bekal kepada para dosen di DTEI, utamanya dalam bidang Chief Information Officer (CIO). Sertifikasi ini juga sangat penting bagi dosen sebagai bukti profesionalitas seorang dosen pada bidang tertentu. Oleh sebab itu, DTEI memberikan support kepada dosen yang sedang berupaya dalam meningkatkan kapabilitasnya di bidang masing-masing.