Select Page

Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEI) bekerjasama dengan Inixindo Surabaya mengadakan pelatihan Manajemen Pelayanan IT sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi dosen. Inixindo sendiri merupakan jasa pelatihan dan sertifikasi IT yang selalu standby untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi dalam menghadapi permasalahan cyber crime, terutama di Indonesia. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari yaitu Selasa sampai Kamis (8-10/8/2023) dan diikuti oleh 4 orang dosen Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Pelatihan yang bertempat di Laboratorium Pemrograman, Gedung B11 201 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen, khususnya di bidang Manajemen Pelayanan IT.

Suasana Pemaparan Materi Manajemen Pelayanan IT

Pelatihan ini menghadirkan seorang instruktur IT profesional, yaitu Ditya Rama Swardana dari PT Inixindo Surabaya. Hari pertama pelatihan adalah pemaparan materi tentang IT Service Management, Service Operation, dan Service Catalog. Dilanjutkan hari kedua yaitu pemaparan materi tentang Continual Service Improvement dan simulasi ujian sertfikasi BNSP.

Foto Bersama setelah Pelatihan Hari ke-2

Fokus hari ketiga yaitu pelaksanaan ujian sertifikasi BNSP, meliputi ujian tulis dan wawancara. Ditya berharap kegiatan pelatihan selama 3 hari dapat benar-benar dapat memberikan bekal kepada para dosen di DTEI, utamanya dalam manajerisasi pelayanan IT. “Banyak orang yang salah mengartikan tentang manajemen pelayanan IT, padahal jika kita bicara tentang manajemen pelayanan maka itu mencakup seluruh aspek, baik human, proses, maupun dokumentasi yang berkaitan dengan pelayanan IT,” jelas Ditya. Sertifikasi ini juga sangat penting bagi dosen sebagai bukti profesionalitas seorang dosen pada bidang tertentu. Oleh sebab itu, DTEI memberikan support kepada dosen yang sedang berupaya dalam meningkatkan kapabilitasnya di bidang masing-masing.

Suasana Ujian Sertifikasi BNSP