Select Page

Jum’at-Sabtu (11-12 Agustus 2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika UM mengadakan workshop di SMK Negeri 1 Tempeh 2023 dengan tema “Penguatan Pembelajaran Berbasis Industri 4.0”. Pada kesempatan ini dihadiri oleh pemateri M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom., Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D., Muhammad Jauharul Fuady, S.T., M.T., Agusta Rakhmat Taufani, S.T., dan Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., CRA. Masing-masing pemateri memaparkan materi yang berbeda-beda. Materi yang disampaikan antara lain:

  • Teknologi Metaverse
  • Cloud Computing
  • Digital Marketing
  • Smart Classroom
  • Fundamental UI/UX

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di SMKN 1 Tempeh Jl. Airlangga – Besuk Tempeh – Lumajang -Jawa Timur mulai pukul 07.30 sampai pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh Bapak/Ibu guru SMKN 1 Tempeh.

Materi pertama yaitu, Teknologi Metaverse yang disampaikan oleh Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D., Istilah “metaverse” muncul tahun 1992 di novel fiksi berjudul Snow Crash, sebagai gabungan istilah “meta” dan “universe”. Pengembangan Metaverse seringkali dikaitkan dengan technology VR karena banyaknya permintaan immersion apps.

Materi kedua yaitu, cloud computing yang disampaikan oleh Muhammad Jauharul Fuady, S.T., M.T., Cloud computing atau komputasi awan adalah konsep pemrosesan data dalam bentuk abstrak yang lebih luas sehingga mampu menyerap lebih banyak sumber daya komputer yang terhubung melalui internet untuk menyelesaikan pekerjaan.

Materi ketiga yaitu, digital marketing yang disampaikan oleh M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom., dalam era teknologi yang terus berkembang, digital marketing telah menjadi pilar utama dalam strategi pemasaran sukses. Digital marketing memberikan akses yang lebih luas dan lebih cepat untuk mencapai target audience, termasuk dalam konteks pemasaran produk sekolah SMK. Dengan berbagai alat dan platform yang tersedia, digital marketing memungkinkan sekolah untuk menjalin koneksi yang lebih kuat dengan dunia luar, contohnya calon siswa dan orang tua.

Materi keempat yaitu, smart classroom yang disampaikan oleh Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., CRA., Smart classroom adalah ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi digital guna mendukung pembelajaran yang lebih terintegrasi antara visual, audio dan kinestetik. Dengan demikian, kelas akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. 

Materi yang terakhir yaitu, Fundamental UI/UX yang disampaikan oleh Agusta Rakhmat Taufani, S.T., antara UI, UX dan HCI merupakan bagaimana menghasilkan produk yang meningkatkan interaksi antara USER dan DEVICE secara kuantitas maupun kualitas, melalui menarik pengguna dengan tampilan yang disuguhkan, dan memberikan kepuasan kepada pengguna dengan pengalaman akses produk yang mudah.

Dengan adanya kegiatan workshop “Penguatan Pembelajaran Berbasis Industri 4.0” diharapkan dapat memberikan manfaat serta wawasan baru bagi seluruh Bapak/Ibu guru di SMKN 1 Tempeh dan dapat memberikan penguatan dalam pembelajaran yang berbasis industri 4.0.