Select Page

Minggu (10/09/2023), Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitasi Negeri Malang (PSPTE DTEI UM) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu “ Strategi Sukses Menghadapi Dunia Kerja Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro”. Pada kesempatan kuliah tamu ini, Prodi PTE UM, mengundang 5 narasumber dari alumni PSPTE DTEI UM. Kelima alumni tersebut adalah Kumala Mahda Hapsari, S.Pd. (Politeknik Negeri Madiun), Yulia Dwi Savitri, S.Pd. (Bank Syariah Indonesi), Akhmad Hidyat, S.Pd. (PT PLN Persero), Ahmad Aldi Santoso, S.Pd. (SMPN 5 Malang), dan Bima Rama Dunas, S.Pd. (PT Nestle Indonesia). Moderator kuliah tamu  sesi alumni ini langsung dihandel oleh Kaprodi PTE (I Made Wirawan, S.T., S.S.T, M.T.). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa tingkat akhir Prodi PTE, dan dilaksanakan secara luring di Gedung B12.212, DTEI FT UM.

Dalam kesempatan ini, Kumala Mahda Hapsari, S.Pd. menyampaikan seputar pengalamannya dalam menghadapi dunia kerja mulai dari persiapan test dan wawancara kerja. Selanjutnya, Yulia Dwi Savitri, S.Pd. memberikan kiat-kiat lolos dalam interview kerja, dan Akhmad Hidyat, S.Pd. menyampaikan etika profesi dalam dunia kerja. Sharing selanjutnya disampaikan oleh Ahmad Aldi Santoso, S.Pd. dan Bima Rama Dunas, S.Pd. tentang pentingnya softskill dalam dunia kerja dan bagaimana menghadapi tantangan dunia kerja di era millenial. Setelah kelima pemateri memaparkan seputar pegalamannya dalam dunia kerja, moderator memimpin kembali untuk sesi tanya jawab dan diskusi bersama seluruh peserta kegiatan kuliah tamu. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan bagi peserta tentang pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja, baik ketika sedang melamar kerja hingga waktu di lingkungan kerja. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang untuk menjalin silaturohmi antara Prodi denga alumni, dan juga mahasiswa dengan para alumni, sehingga dapat memperluas jejaring sosialnya, yang akan bermanfaat saat mencari informasi lowongan pekerjaan.