Select Page

Minggu (10/09/2023), Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitasi Negeri Malang (PSPTI DTEI UM) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu “ Strategi Sukses Menghadapi Dunia Kerja Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika” yang menghadirkan 5 narasumber dari alumni PSPTI DTEI UM. Kelima alumni tersebut adalah Retno Damayanti, S.Pd. (Politeknik Negeri Malang), Candra Juni Andika, S.Pd. (BCA Grup), Akhmad Khakim Amrullah (SMKN1 Rejotangan), Irwana Hendrawati, S.Pd. (SMKN Balikpapan), dan Arvendo Mahardika, S.Pd. (PT Kreasi Ngalam Media). Kuliah tamu sesi alumni ini dimoderatori langsung oleh Kaprodi PTI (Azhar Ahmad Smaragdina, S.Pd., M.Pd.). Kegiatan ini dilakukan secara luring di Gedung B12.106, DTEI FT UM dengan peserta kuliah tamu perwakilan mahasiswa tingkat akhir Prodi PTI.

Dalam kesempatan ini, kelima alumni Prodi PTI menyampaikan seputar pengalamannya dalam menghadapi dunia kerja mulai dari persiapan test dan wawancara kerja, kiat-kiat lolos dalam interview kerja, etika profesi dalam dunia kerja, pentingnya softskill dalam dunia kerja, dan bagaimana menghadapi tantangan dunia kerja di era millenial. Setelah pemaparan materi oleh para alumni dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama seluruh peserta kegiatan kuliah tamu yang dipimpin oleh moderator. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan bagi peserta tentang pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja, baik ketika sedang melamar kerja hingga waktu di lingkungan kerja. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat adanya komunikasi antara mahasiswa dengan para alumninya sehingga dapat memperluas jejaring sosialnya, yang akan bermanfaat saat mencari informasi lowongan pekerjaan.