Select Page

Selasa (19 September 2023), Tim CLearn mewakili Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang pada event World Invention Technology And Expo (WINTEX) dengan kategori Educational and Teaching Material. Tim CLearn diketuai oleh Fadhel Naufal Akbar beserta keenam anggotanya yaitu, Esa Pramudheva Maydi Syahri, Mochammad Mu’iz Afdloly, Adiftya Bayu Prihandicha, Ayu Najmatus Zahiroh, Muhammad Wildan Romiza Fauwaz, Millatina Fadhilah.

Indonesia Inventors Day (IID) 2023 merupakan wadah internasional bagi para penemu, peneliti, dan ilmuwan lokal dan internasional untuk mempresentasikan penemuan dan inovasinya ke tingkat Internasional. Pada awalnya, Indonesia Inventors Day bertujuan untuk mengapresiasi orang-orang yang telah mendedikasikan dirinya dalam menciptakan ide-ide baru dan cemerlang untuk kebutuhan manusia. Event tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 sampai 19 September 2023 di Werdhi Budaya Art Centre, Denpasar, Bali, Indonesia.

Pada event ini tim CLearn membuat sebuah inovasi bernama Clearn, yaiu Platform Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Gamification dan Live Coding. Teknologi digital membuka peluang untuk memperkaya pengalaman belajar melalui inovasi baru, seperti platform pembelajaran pemrograman berbasis gamifikasi dan live coding. Gamifikasi menggunakan elemen permainan dan tantangan untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dengan tugas pemrograman, peningkatan level, dan poin sebagai motivasi tambahan. Pengkodean langsung memungkinkan pengguna untuk melihat dan mempelajari kode yang diprogram langsung dari pemrogram ahli, membantu pemahaman pengguna dalam implementasi kode di kehidupan nyata.

Selamat kepada Tim CLearn yang telah mendapatkan Gold Medal pada World Invention Technology And Expo (WINTEX) dengan kategori Educational and Teaching Material.
Semoga perjuangan kalian dapat selalu mengharumkan nama Universitas Negeri Malang khususnya Departemen Teknik Elektro dan Informatika.