Select Page

Senin (30/10/2023), Pada era digital ini, pendidikan tidak lagi terbatas pada lingkungan kelas fisik. Dosen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang yang terdiri dari Dr. Ir.Triyanna Widiyaningtyas, M.T., Prof. Dr. Tri Atmadji S., M.Pd., Drs. Hari Putranto, M.Pd., dan Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., telah membuktikan hal ini dengan mengembangkan Learning Analytics Dashboard pada aplikasi “Sinau Coding”. Bagaimana dashboard ini dapat meningkatkan user experience? Mari kita bahas lebih lanjut.

Seiring dengan berkembangnya pembelajaran daring, monitoring dan evaluasi pembelajaran menjadi semakin penting. Inilah mengapa dosen Teknik Elektro dan Informatika telah memutuskan untuk mengembangkan Learning Analytics Dashboard di “Sinau Coding”.

Dasbor analitik pembelajaran secara khusus dapat memberi guru peluang untuk mendukung perkembangan pelajar, dan mungkin pembelajaran yang kaya dan personalisasi dalam skala menengah hingga besar. Learning Analytics Dashboard juga dapat membantu mengidentifikasi pola belajar siswa, sehingga pengajar dapat menyesuaikan metode pengajaran yang tepat sesuai dengan gaya belajar siswa. Dengan menganalisis data yang dikumpulkan oleh Learning Analytics Dashboard, pengambilan keputusan dapat dibuat berdasarkan fakta yang lebih terukur dan akurat. Learning Analytics Dashboard membantu institusi pendidikan untuk memonitor dan mengukur efektivitas program pembelajaran, serta meningkatkan kualitas pendidikan yang disediakan.

Pada halaman aktivitas siswa ini terdapat fitur untuk melihat skor aktivitas siswa yang mencakup kinerja siswa seperti jumlah diskusi yang diikuti dan jumlah modul yang diselesaikan oleh siswa sebagai tugas. dan pada halaman pemantauan guru dapat melihat aktivitas siswa secara mendetail seperti nilai tes evaluasi setiap siswa dan jumlah aktivitas yang telah diselesaikan.

Dalam sebuah dunia di mana teknologi dan pendidikan saling terkait erat, inovasi seperti Learning Analytics Dashboard pada “Sinau Coding” menciptakan jembatan antara teknologi dan pembelajaran. Dosen Teknik Elektro dan Informatika tidak hanya menghasilkan suatu produk, tetapi juga membawa perubahan positif dalam cara kita memandang pendidikan dalam era digital.