Select Page

Rabu (22/11/2023), Dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) yaitu Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. dan Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., CRA, CIO telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri Bapak/Ibu Guru di SMKN 6 Balikpapan. Topik yang dibahas yaitu mengenai Pembelajaran PKK (Produk Kreatif Dan Kewirausahaan). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Ruang Laboratorium komputer SMKN 6 Balikpapan.

Momentum FGD kali ini menjadi tonggak bersejarah yang mempertemukan dua entitas pendidikan yang berbeda. Dosen-dosen dari UM tidak hanya membawa pengetahuan dan pengalaman mereka, tetapi juga semangat kolaborasi yang membuka ruang bagi pertukaran gagasan dengan para pengajar dan siswa SMKN 6 Balikpapan.

Kewirausahaan tidak lepas dari ide-ide inovatif dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan dan pengembangan produk. Untuk meningkatkan jumlah wirausahawan maka diperlukan pembelajaran kewirausahaann dengan sistem bisnis rintisan dikalangan pemuda mulai dari bangku sekolah.

Kegiatan FGD Pembelajaran PKK antara Dosen UM dan SMKN 6 Balikpapan bukan hanya sekadar pertukaran ide, tetapi sebuah perjalanan kolaboratif untuk memajukan pendidikan. Semangat untuk terus belajar dan berinovasi di dunia pendidikan terbukti menjadi pemicu utama dalam melangkah menuju masa depan yang lebih cerah.

Kolaborasi lintas institusi seperti ini menegaskan bahwa hanya dengan saling mendukung dan belajar dari satu sama lain, kita dapat menciptakan fondasi yang kokoh bagi pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang.